November 28, 2015

MASJID RAYA AT-ATAQWA KOTA CIREBON


Sinar matahari sore yang indah menyinari masjid raya At-taqwa.

Ini salah satu masjid kebanggaan kota Cirebon. Tepat ditengah kota Cirebon. Masjid Raya At-taqwa, ini berada dijalan Kejaksan perempatan antara jalan Kartini, jalan Siliwangi, jalan Karanggetas, dan jalan Veteran. Berdekatan dengan Alun-alun Kejaksan. Masjid ini kerap dijadikan tepat perhelatan besar maupun kecil, seperti: 

Masjid tampak depan.

~ Acara Tablig Akbar yang menghadirkan tokoh-tokoh Muslim ternama Indonesia. 

~ Bazzar Buku maupun Bazar pasar malam yang diadakan setiap tahun seperti Maulid Nabi Besar Muhammad S.A.W. 

~ Tiap bulan Ramadhan pun alun-alun akan ramai dengan Bazzar Kuliner Khas Cirebon, ataupun Ta'jil yang menjadi favorit warga yang hendak berbuka puasa.


MENARA MASJID

Sebelah menara itu gedung MUI kota Cirebon.

Yang menarik dari masjid ini adalah pada Menara Masjid ini. Ternyata menara masjid ini dibuka untuk umum setiap hari. untuk bisa memasuki dan menaikinya pengunjung dikenakan biaya tiket sebesar Rp. 3.000/orang. Jadi selain beribadah kita juga menikmati pemadangan halaman masjid dari atas menara. Seru kan?.

Menara di sore hari.



TEMPAT WUDHU

Wanita yang ingin berwudhu bisa lewat sini.

Bagi saya, masjid ini memiliki tempat wudhu bersih terbaik dari masjid-masjid di kota Cirebon yang pernah saya kunjungi. Tempat wudhu antara Pria dan Wanita terpisah jauh. 
Tempat wudhu Pria berada dibagian Kanan masjid sedangkan tempat wudhu wanita berada dibagian Kiri masjid. Ini dilakukan agar setelah berwudhu tidak berbenturan dengan para Pria yang berlalu lalang yang dapat membatalkan wudhu akibat bersentuhan.

Pria yang ingin berwudhu bisa lewat sini.
Tempat wudhu bersih.


MUKENA BERSIH

Mukena bersih dan wangi tersusun rapi di dalam lemari dan di dalam box.

Bagi kaum wanita yang ingin Solat namun tidak membawa perlengkapan sholat seperti Mukena, masjid ini menyediakan Mukena Bersih setiap harinya untuk bisa digunakan. Jadi jangan takut beribadah berlama-lama dan dipakai lama juga jika tidak ingin buru-buru melepaskan mukena karena ditunggu oleh yang meminjam lainnya. Pihak masjid sudah menyediakan begitu banyak mukena bersih di masjid ini. Ada yang disimpan di lemari kaca dan di gantung-gantung. jika yang disimpan dilemari kaca habis dipakai. Kita bisa mengambil mukena bersih lainnya yang tersimpan di box besar.


PERPUSTAKAAN MASJID

Senang membaca buku? Nah disini juga ada Perpustakaannya. Perpustakaan Masjid tentunya koleksi buku-buku yang ada disini lebih banyak buku-buku bacaan religi yaitu buku-buku agama yang seluruhnya adalah buku agama Islam.

koleksi buku perpustakaan masjid.

Jadiii ayo luangkan waktumu saat berwisata ke kota Cirebon dengan mengunjungi masjid ini.











             

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Mencintai Diri Lewat Perawatan Rambut Dengan Scarlett Yordanian Sea Salt

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampo & Conditioner Setiap orang memiliki jiwa feminisnya masing-masing. Dalam pergaulan, memilih makanan...