Showing posts with label backpaker. Show all posts
Showing posts with label backpaker. Show all posts

March 12, 2020

Wisata Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan



Pemandangan Bumi Pelangi ditengah-tengah antara kaki gunung Ceremai. 

Jangan lupa jalan-jalan biar kaya orang-orang. Saya punya rekomendasi tempat yang bagus banget untuk swafoto kekinian. Berada di sekitaran kabupaten Kuningan Jawa barat. Namanya Taman Wisata Bumi Pelangi, yang terletak di jalan Jalaksana.

Ada beberapa alternatif pilihan rute untuk sampai ke tempat wisata ini. Jalan utama ada di jalan Jalaksana, terus saja berada di jalan ini sampai mendapati plang menuju taman wisata bumi pelangi. Namun jika ingin menempuh rute yang paling cepat, kita bisa memotong jalan dengan memutar melewati desa Maniskidul. Nanti tembus ke jalan Sadamantra dan berakhir di ujung jalan Jalaksana taman wisata bumi pelangi.

Berada di kaki gunung Ciremai, yang menarik dari perjalanan ini adalah sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona. Ladang palawija yang berjejer rapi. Seperti tanaman kacang panjang, cabai, jagung, tomat, kacang tanah, labu, mentimun, pare, tebu, dan tidak ketinggalan tamanan padi. Banyaknya aneka sayur mayur yang bikin gagal fokus mengendari kendaraan.

Kebetulan Saya dan keluarga menggunakan motor matic sebagai kendaraan. Saran saja buat pengendara yang lainnya bila ingin menggunakan kendaraan yang sama, untuk menggunakan perlengkapan keamanan seperti: masker, helm, dan sarung tangan, jaket juga bila perlu. Karena Tracknya menuju ke taman wisata bumi pelangi menanjak dan belum diaspal jadi masih berdebu kapur putih. Waspada dan berhati-hatilah, usahakan kendaraan dalam kondisi prima sehingga bisa melakukan perjalanan dengan selamat. Tapi tak perlu dikhawatirkan bagi pengendara yang akan menuju taman wisata bumi pelangi karena di setiap tikungan ada petugas yang siap mengatur dan mengarahkan agar pengendara tertib dan sampai ke tujuan.

Harga tiket masuknya RP. 20.000/orang. Baik dewasa maupun anak-anak di atas usia 7 tahun. Tiket itu sudah termasuk parkir kendaraan dan tiket masuk dua kawasan taman wisata yang lainnya, seperti: taman wisata bumi pelangi dan taman wisata kerucut ala flores.

Bumi pelangi di antara hamparan sawah yang hijau.


1.      Taman Wisata Bumi Pelangi

Inilah icon dari taman wisata bumi pelangi. Kolam yang berwarna-warni memanjakan mata pengunjung. Bagaimana tidak, Tempat ini sangat instagramable cocok untuk para pemburu foto pemandangan yang masih alami, banyak pohon dengan backgroud alam pegunungan dan sawah.

Taman ini sengaja dibuat dengan banyak kolam yang disebut taman air. Letaknya menanjak berundak-undak. Kita bisa mencoba kolam yang berada di paling bawah sampai dengan yang paling atas. Semuanya diperuntukan untuk anak-anak jadi tidak ada kolam renang untuk dewasa. Tapi tenang saja, orang dewasa pun bisa bermain air di sini untuk memantau dan menjaga anak-anak.

Air kolan ini berasal dari mata air pegunungan sehingga airnya dingin sekali sekaligus jernih.


Lelah habis main air, nah istirahatnya di kawasan ini.

2.     Taman Wisata Kerucut Ala Flores

Letaknya bersebelahan dengan taman wisata air bumi pelangi. Yang mengagumkan di sini adalah banyaknya bangunan kerucut yang terbuat dari bambu dan atap jerami. Bangunan ini sekaligus dapat dimanfaatkan untuk beristirahat setelah lelah berswafoto, jalan-jalan menanjak, dan bermain air di taman wisata air bumi pelangi. Tempatnya yang sangat santai sekaligus bisa tidur-tiduran di rumah krucut sambil dimanjakan dengan indahnya alam pegunungan.

Rumah-rumah kerucutnya unik guys.

Di sekitar taman wisata kerucut ala flores banyak terdapat kursi-kursi dari kayu dan bambu. Bisa dimanfaatkan untuk melepas penat. Sekaligus sebagai spot foto juga. Wah pokoknya banyak sekali spot foto kece di tiap-tiap kawasannya. Jadi tidak rugi setelah menepuh perjalanan jauh.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak di sini juga ada playground/taman bermain. Tiket bermainnya Rp. 10.000/anak sudah bisa main sepuasnya di istana balon.


Ini salah satu mainan favorit anak-anak .

Sudah puas jalan-jalannya, main airnya, foto-fotonya. Tinggal ngisi perut yang belum. Tenang di sini banyak jajanan yang mengenyangkan kok dan pastinya harga bersahabat.


Bakso campur yang nikmat dan hangat, dimakan saat udara pegunungan lagi dingin.

Bakso 12 ribu/porsi, mie ayam 8 ribu/porsi dan pop mie 10 ribu/cup. Rasa bakso dan mie ayam enak banget buat harga segitu dan tempat makannya pun bebas mau di mana aja, yang penting jangan kejauhan dari warung baksonya biar mbak-mbak yang mengantar pesanan gak kejauhan nyarinya.


Mi ayamnya mantul, daging suwir ayamnya banyak.

Toilet dan mushola tersedia. Jadi jangan takut untuk tidak menemukan tempat beribadah di sini.

Nah itulah perjalanan kami sekeluarga menikmati pemandangan di taman wisata bumi pelangi. Menjaga alam dan melestarikannya itu penting, pelihara alam sekitar agar anak cucu pun dapat pula merasakan keindahannya.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata di sekitaran kabupaten Kuningan dan sekitarnya. 

Terimakasih sudah berkunjung ke cerita kami kali ini. nantikan cerita-cerita kami selanjutnya di cerita yang berbeda.


Salam


June 25, 2016

BERWISATA KE KEBUN BINATANG

 

 

Bagi warga Jakarta berwisata ke kebun binatang Ragunan sudah biasa. Satu karena tempatnya stategis dari tempat tinggal. Dua karena salah satu tempat wisata yang murah meriah tiketnya bagi keluarga. Ada yang istimewa dari tempat wisata ini, yaitu tiap tahun semakin bagus . Sepertinya pemerintah dinas kepariwisataan Jakarta terus berbenah demi kenyamanan kebun binatang. 

 

 

Banyak pintu yang bisa dilewati untuk bisa berkunjung ke KBR (Kebun Binatang Ragunan). pintu utara untuk pengunjung dari Bintaro - Tangerang Selatan , pintu timur untuk pengunjung dari Pasar Minggu - Jakarta, pintu selatan untuk pengunjung dari Tanah Abang - Bekasi, dan pintu barat untuk pengunjung dari Pondok labu – Lebak Bulus. Kebetulan saya adalah penunjung yang masuk dari pintu barat. Dari pondok labu bisa naik angkot 61 jurusan Cinere – pondok labu lalu turun di depan gerbang pintu barat KBR dengan tarif Rp. 3.000/orang, anak-anak gratis karena saya berangkat dengan anak usia 4 tahun.

 

 

Sudah lama sekali saya tidak ke KRB ini. Terakhir waktu saya masih kuliah tahun 2008. Pas kini saya berkunjung kembali di 2016 banyak ya yang berubah. Tiketnya itu lho yang berubah. 

 

 

Dulu masih pakai kertas yang di sobek, sekarang udah canggih. Pakai kartu, namanya JAKCARD gambar satwa yang dilindungi. Menurut info kartu ini bisa juga digunakan untuk pembayarang tiket TRANSJAKARTA alias Busway, orang umumnya lebih mudah mengatakan busway ketimbang Transjakarta.

 

 

Penjelasannya. Pernah main ke time zone? Pakai kartu kan mainnya? yang di gesek karena kartu itu memiliki nominal didalamnya. Ibarat pulsa. Tiap gesekan yang di pakai buat main maka akan berkurang juga nilai nominalnya. Keseringan di gesek lama kelamaan bisa habis. Kalo sudah habis tinggal isi ulang aja. Begitupun dengan Jakcard.

 

Di balik munculnya Jakcard ada nilai positif yang bisa diambil hikmahnya yakni pemakaian kertas dapat berkurang dengan demikian penebangan pohon untuk pembuatan kertas tidak tersia-siakan begitu saja. Sebelumnya memang miris jika melihat tiket berbentuk kertas mendarat di tangan hanya beberapa menit bahkan detik kemudian masuk ke tong sampah. Mending kalo ke tong sampah, kalo berserakan di jalan kan mengurangi keindahan lingkungan.

 

 

Mau tau berapa harga tiket masuk yang saya bayar? Karena sebelumnya saya tidak memiliki Jakcard maka saya harus beli dulu Rp. 30.000,-/kartu. Di kartu ini tidak ada nama pemilik jadi satu kartu bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Untuk orang dewasa Rp.4.000/kepala dan untuk anak-anak Rp.3.000/kepala.

Pintu barat KRB binatang pertama yang saya lihat adalah Jerapah, rusa dan gajah. 

 

 

 

Untuk si kecil sekalian belajar nama-nama binatang dan bentuknya secara langsung. Karna biasanya hanya melihat dari buku, gambar atau televisi. Saat mereka melihat aslinya, wah... ada semangat yang ingin melihat lebih dekat, ingin pegang sebenarnya mengingat savety harus dipatuhi. Antusias yang menggebu ingin tahu binatang-binatang yang lainnya. Edukasi juga ya Bunda mengenal lebih dekat binatang-binatang dan habitatnya.

 

 

Di KRB ini sudah banyak permainan untuk anak-anak yang bisa dimanfaatkan termasuk kereta keliling ini. Tarifnya hanya Rp.7.500/kepala lumayan sebelum berkeliling dengan kaki kita bisa keliling dulu dengan kereta ini agar tahu letak-letak binatang dan tujuan selanjutnya mau kemana karena kalo puter-puter gak hapal jalan main keliling-keling aja bisa pegel kaki lama berjalan.

 

 

Namanya kebun binatang yang luasnya berhektar-hektar, mau keliling melihat semua binatang rasanya gak mungkin yah dalam sehari. Pegel. Makanya sebelum berwisata kita prepare dulu sama yang kita pakai. Enaknya itu pakai sendal jepit.

 

 

Mau istirahat? Banyak tempat istirahat yang ditawarkan di tempat ini. Ada kedai makanan bisa langsung makan siang dengan bakso plus es kelapa muda yang menggugah selera. Ada masjid bisa istirahat sekaligus beribadah, atau mau istirahat di atas tiker dekat pohon rindang yang adem dan sejuk bisa guling-guling dengan beratapkan langit sambil makan-makanan bekal yang di bawa dari rumah. Semua bisa menjadi rekomendasi tergantung isi kantong. hehe.   

 

 

 

Mendapat kesempatan liburan panjang memang tepat jika memanfaatkannya dengan membawa si kecil ke alam terbuka seperti ini. Liburan ke Mall itu bisa kapan saja. Tidak libur pun biasa ke mall, kalau pada saat liburan ke mall lagi bagi saya selaku orang tua kayaknya rugi yah.

 

 

Karena saya bisa sekalian memberikan pemahaman kepada anak bahwa alam bisa menjadi sahabat dan juga bisa menjadi bencana bagi manusia. 

 

 

Bersahabatlah kepada alam caranya:

-          Menanam kembali pohon agar alam tidak menjadi gundul yang membuat cuaca semakin panas

 

 

-           Cintailah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang agar tidak terjadi banjir akibat saluran air tertutup sampah, buang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah yang dibuang agar sampah yang bisa digunakan kembali dapat di daur ulang dan dapat dimanfaatkan kembali sehingga mengurangi sampah yang sulit terurai dengan tanah. 

 

 

Dan ada banyak pembelajaran-pembelajaran yang lainnya yang bisa kita informasikan kepada sikecil termasuk mencintai binatang dengan tidak membunuhnya karena binatang-binatang yang berada di sini termasuk ciptaan tuhan yang juga perlu di jaga.

Beby Rose Glow, Serum, Moisturizing, Primer, Jadi Satu

  Beby Rose Glow Serum Setiap wanita mendambakan kulit sehat. Kulit yang bersih dan cerah menjadi dambaan kaum Hawa. Hingga tidak heran bany...