June 25, 2021

Peran Stylus Dalam Refleksi Pendidikan Indonesia Diantara PJJ dan PTM Bersama Faber Castel Indonesia

PBO doc pribadi atinnuratikah.com

Peningkatan mutu pendidikan satu tahun belakangan sedang diuji oleh adanya virus covid-19. Sebenarnya bukan hanya bidang pendidikan saja yang terdampak, baik ekonomi maupun sosial semua terkena imbas virus ini, namun yang paling dirasakan oleh anak-anak yang masih menempuh pendidikan belajar di sekolah ini menjadi ujian sekaligus tantangan bahwa menempuh pendidikan belajar tidak hanya berada di ruang kelas gedung sekolah. 



Tenaga pendidkan dan orang tua memecahkan masalah bersama terkait anak-anak bisa tetap belajar walaupun di rumah saja, yaitu dengan metode pembelajaran jarak jauh. Lalu apakah ini terselesaikan? Tentu tidak, ada banyak permasalahan lainnya, kendala yang dirasakan tenaga pendidik maupun orang tua murid.



Pembelajaran jarak jauh dilakukan secara virtul. Menggunakan gadget yang dimiliki oleh orangtua. Orangtua yang memiliki Smartphone, laptop, tablet, dll. Merasa dimudahkan karena menggunakannya bersama dengan anak dengan pembagian waktu. Saat jam anak belajar, orang tua meminjamkannya kepada anak untuk dipakai belajar dengan sambungan internet.

Permasalahan lainnya terkait pembelajaran secara Daring:

  •  Bosan
  • Tidak semua memiliki gadget
  • Kalaupun ada ponsel tapi tidak punya kuota

Namun bagi orangtua yang tak memiliki fasilitas tersebut, anaknya menumpang belajar di rumah temannya. Permasalahan lain timbul kembali yaitu kuota internet yang mahal dan cepat habis. Pemerintah pun berupaya memberi solusi dengan kuota belajar gratis untuk akses internet khusus belajar anak di rumah.


Paradigma Pembelajaran Jarak jauh



Apa sih sebenarnya masalah itu?

Siswa

Lemahnya motivasi belajar, pemberian tugas dirasakan berat karena berbeda antara tujuan pengajar dan orangtua. Kemampuan anak menggunakan perangkat pembelajaran minim. Distorsi dengan permainan online ketika belajar menggunakan gadget. Paradigma tidak pergi ke sekolah adalah libur masih tertanam pada siswa. Kurangnya sosialisasi sehingga membuat pembelajaran terasa berat. Monotonnya pemberian tugas.



Orangtua

Orangtua terkendala dalam penyiapan fasilitas, belum mengetahui secara rinci platform dan troubleshooting, kendala prilaku anak, perbedaan pola target pembelajaran antara guru dan orangtua, belum dapat menjadi motivator, beratnya menerapkan disiplin pada anak, waktu yang terbatas.



Guru

Fungsi dan pemberian pola pemberian materi dengan berbagai platform. Namun belum bisa menciptakan bonding walau pembelajaran  jarak jauh, creativitas guru beragam, pembelajaran belum menarik dan menyenangkan.


Pemerintah

Rencana pembelajaran tatap muka yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan Nadiem Makarin pada tahun ajaran baru tahun 2021 ini akan dilaksanakan namun tidak serentak, Itupun dengan persetujuan orangtua. Karena akan dilihat di masing-masing zona wilayah yang sudah berada dalam zona hijau dan kuning. Namun yang daerahnya masih berada di zona merah tidak dapat melakukan pembelajaran tatap muka.



Poin penting

  • Tatap muka sudah di perbolehkan sejak januari 2021.
  • Sekolah yang sudah divaksin wajib membuka kelas tatap muka terbatas.
  • Pembelajaran tatap muka terbatas mengkombinasikan pelajaran tatap muka  dan pembelajaran jarak jauh.
  • Pembelajaran tatap muka maksimal 50% dari jumlah siswa perkelas.
  • Orangtua dapat memilih bagi anaknya untuk melakukan tatap muka terbatas atau pembelajaran jarak jauh.
  • Wajib mematuhi protokol kesehatan. 


Hal-hal yang harus dipersiapkan orangtua dan anak

  • Carilah aturan tatap muka terbatas di kota anda.
  • Mulai mendisiplinkan kembali jam tidur dan jam bangun.
  • Orangtua tetap harus mengawasi pembelajaran jarak jauh dan tetap memfasilitasi kebutuhan pembelajaran  jarak jauh dengan cermat dan cedik.
  • Ajarkan protokol kesehatan tekankan pada anak jangan minta makanan dan minuman bekas teman, jangan berpelukan, jangan bergantian masker.
  • Menguraingi bermain game, mulai memberikan kegiatan after school actifity offline.

Sejarah Faber Castel

Pada tanggal 5 Juni 2021 aku diundang oleh Faber Castel Indonesia dalam acara via zoom dengan tema Refleksi Pendidikan Indonesia di antara PJJ dan PTM.



Intermezzo

  • Faber Castel awal berdiri pada tahun 1761 di Stein-Jerman, ini merupakan sebuah perusahaan keluarga berkelanjutan hingga generasi ke-9, salah satu perusahaan tertua di Industri alat tulis.  


  • Setiap tahun faber mampu memproduksi 2.3 milyar pensil, sebuah kapasitaas produksi yang besar sekali karena memiliki jumlah karyawan yang besar pula. Faber castel memiliki 8000 karyawan diseluruh dunia dan di jerman sendiri ada 1000 karyawan.
  • Faber castel dipasarkan di lebih dari 120 negara.
  • Lokasi produksi berada di 9 negara dengan kantor pemasaran di 23 negara.
  • Faber castel mengeluarkan beragam produk dengan kualitas terbaik di kelasnya, untuk menulis, menggambar, desain kreatif dan untuk pensil kosmetik juga.
  • Faber castel memiliki komitmen untuk menjaga dunia tetap hijau dengan menghadirkan proyek hutan lestari di Brazil dan Colombia dengan luas total kurang lebih 13.000 hektar, yang menjadi salah satu sumber bahan baku pembuatan pensil dan krayon.


Paket Belajar Online dari Faber Castel untuk peserta zoom.


Melalui paket Belajar yang dikeluarkan oleh faber castel semoga mampu memberikan solusi untuk kemudahan pembelajaran jarak jauh tanpa harus menambah/ membeli gadged baru karena faber castel mengeluarkan produk baru yang diberi nama stylus.



 










Untuk menyimak lebih jelas bisa ditonton videonya di bawah ini:





Untuk menjawab soal langsung dari sumbernya yaitu layar tablet atau smartphone tanpa harus mengeprinnya terlebih dahulu karena pemakaian stylus ini sangat fleksibel dan memudahkan jari dalam menyentuh titik yang diinginkan, walau tangan dalam keadaan basah, berminyak atau lainnya. Stylus sangat memberi solusi.

Stylus ini tersedia saat membeli pake belajar online dari faber castel. Satu kotak paket belajar online berisi; pulpen, pensil, penghapus, rautan dan stylus. Komplit untuk persiapan ujian. 

Nah sudah tidak perlu ragu untuk menggunakan stylus kan karena stylus juga bisa sekaligus berhemat dalam pembelian gadget baru dalam pembelajar jarak jauh. Anakpun jadi semakin dimudahkan untuk scrol-scrol layar tablet atau smartphone, anakpun semakin semangat dalam menjawab soal-soal yang diberikan oleh guru.




Semakin banyak permasalahan yang muncul makin berinovasi solusi yang diberikan. Saling membantu, saling menguatkan dan saling memberi semangat semoga covid-19 segera berlalu dan pembelajaran tatap muka kembali diadakan.

Terimakasih sudah mengunjungi blok aku, nantikan info menarik lainnya.

Salam

33 comments:

  1. Semogaaa wabah ini segera berlalu biar bisa belajar tatap muka lagi dengan leluasa. Udah 2 taun ga ketemu murid2ku hikss

    ReplyDelete
  2. Sungguh anak2 rindu banget dgn pembelajaran di kondisi normal.
    semoga pandemi ini segera berakhir ya
    dan Faber Castell keren banget
    meluncurkan produk yg membantu PJJ

    ReplyDelete
  3. Mendampingi anak belajar online ini harus benar-benar siap mental ya mbak dan juga harus mulai belajar teknologi. Kadang ada orang tua yang masih gaptek. Teman saya aja sampai stress katanya harus mendampingi anak belajar online

    ReplyDelete
    Replies
    1. Banyak doa aja mba, doa untuk diri sendiri malah lebih-lebih untuk kesabaran ngadepin anak belajar.

      Delete
  4. Alhamdulillah Faber Castell mengerti kebutuhan anak dalam PJJ, langsung inovasi dengan adanya produk stylus ini

    ReplyDelete
  5. Aku juga sukaaa produk2nua Faber Castell nih andalan dari waktu jaman sekolah. Awet sampe skrg brandingnya ya.

    ReplyDelete
  6. aku juga pake stylus ini mbak, enak cocok buat hape mana aja. anak jadi bisa gambar2 juga hehe

    ReplyDelete
  7. Keren banget itu si faber castle. Bisa bikin semangat anak belajar kalo gitu sih, emaknya juga pasti semangat kepo pengen ikutan pake juga. Hihi..

    ReplyDelete
  8. Stylus sangat membantu dan membuat belajar jadi mudah. Sehingga menambah semangat belajar anak. Keren.

    ReplyDelete
  9. Stylus dari Faber Castell ini memang bantu banget bikin anak-anak lancar saat belajar daring plus bikin anak semangat belajar karena bisa digunakan untuk kebutuhan lain seperti menggambar, mewarnai gambar, dll

    ReplyDelete
  10. Wah pakai stylus juga ya Mbak? Stylus di rumah malah dipake buat menggambar anak-anak mulu. Jadi keenakan sih ya, terus kapan belajarnya, coba?!

    ReplyDelete
    Replies
    1. hahaha jadi lupa belajar karena keasikan ini mah

      Delete
  11. Belajar dan mengajar online tuuuuh, asli memang bosan ya akhir-akhir ini. Jenuh banget...
    Ada Stylus gini, bikin semangat ya...Padahal sepertinya bentuknya sederhana dan simpel aja sih...

    ReplyDelete
  12. Asik yaa...
    Faber memberikan inovasi baru, stylush yang canggih banget karena bisa digunakan di semua gadget.
    Kalau untuk laptop layar sentuh, bisa juga kali yaa...

    ReplyDelete
  13. Suka banget dengan inovasi dari Faber Castell, membantu PJJ anak. Memang permasalahan PJJ ini kompleks banget. Berharap bisa PTM tapi dengan kondisi sekarang, memang lebih baik PJJ dulu.

    ReplyDelete
  14. Mantap banget ya paket belajar online dari Faber castle ini
    sangat membantu anak anak dalam melaksanakan pjj

    ReplyDelete
  15. Keren stylus keren faber castle selalu berinovasi ayo bangkit pendidikan Indonesia

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Mencintai Diri Lewat Perawatan Rambut Dengan Scarlett Yordanian Sea Salt

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampo & Conditioner Setiap orang memiliki jiwa feminisnya masing-masing. Dalam pergaulan, memilih makanan...