March 12, 2020

Wisata Bumi Pelangi Jalaksana Kuningan



Pemandangan Bumi Pelangi ditengah-tengah antara kaki gunung Ceremai. 

Jangan lupa jalan-jalan biar kaya orang-orang. Saya punya rekomendasi tempat yang bagus banget untuk swafoto kekinian. Berada di sekitaran kabupaten Kuningan Jawa barat. Namanya Taman Wisata Bumi Pelangi, yang terletak di jalan Jalaksana.

Ada beberapa alternatif pilihan rute untuk sampai ke tempat wisata ini. Jalan utama ada di jalan Jalaksana, terus saja berada di jalan ini sampai mendapati plang menuju taman wisata bumi pelangi. Namun jika ingin menempuh rute yang paling cepat, kita bisa memotong jalan dengan memutar melewati desa Maniskidul. Nanti tembus ke jalan Sadamantra dan berakhir di ujung jalan Jalaksana taman wisata bumi pelangi.

Berada di kaki gunung Ciremai, yang menarik dari perjalanan ini adalah sejauh mata memandang akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang mempesona. Ladang palawija yang berjejer rapi. Seperti tanaman kacang panjang, cabai, jagung, tomat, kacang tanah, labu, mentimun, pare, tebu, dan tidak ketinggalan tamanan padi. Banyaknya aneka sayur mayur yang bikin gagal fokus mengendari kendaraan.

Kebetulan Saya dan keluarga menggunakan motor matic sebagai kendaraan. Saran saja buat pengendara yang lainnya bila ingin menggunakan kendaraan yang sama, untuk menggunakan perlengkapan keamanan seperti: masker, helm, dan sarung tangan, jaket juga bila perlu. Karena Tracknya menuju ke taman wisata bumi pelangi menanjak dan belum diaspal jadi masih berdebu kapur putih. Waspada dan berhati-hatilah, usahakan kendaraan dalam kondisi prima sehingga bisa melakukan perjalanan dengan selamat. Tapi tak perlu dikhawatirkan bagi pengendara yang akan menuju taman wisata bumi pelangi karena di setiap tikungan ada petugas yang siap mengatur dan mengarahkan agar pengendara tertib dan sampai ke tujuan.

Harga tiket masuknya RP. 20.000/orang. Baik dewasa maupun anak-anak di atas usia 7 tahun. Tiket itu sudah termasuk parkir kendaraan dan tiket masuk dua kawasan taman wisata yang lainnya, seperti: taman wisata bumi pelangi dan taman wisata kerucut ala flores.

Bumi pelangi di antara hamparan sawah yang hijau.


1.      Taman Wisata Bumi Pelangi

Inilah icon dari taman wisata bumi pelangi. Kolam yang berwarna-warni memanjakan mata pengunjung. Bagaimana tidak, Tempat ini sangat instagramable cocok untuk para pemburu foto pemandangan yang masih alami, banyak pohon dengan backgroud alam pegunungan dan sawah.

Taman ini sengaja dibuat dengan banyak kolam yang disebut taman air. Letaknya menanjak berundak-undak. Kita bisa mencoba kolam yang berada di paling bawah sampai dengan yang paling atas. Semuanya diperuntukan untuk anak-anak jadi tidak ada kolam renang untuk dewasa. Tapi tenang saja, orang dewasa pun bisa bermain air di sini untuk memantau dan menjaga anak-anak.

Air kolan ini berasal dari mata air pegunungan sehingga airnya dingin sekali sekaligus jernih.


Lelah habis main air, nah istirahatnya di kawasan ini.

2.     Taman Wisata Kerucut Ala Flores

Letaknya bersebelahan dengan taman wisata air bumi pelangi. Yang mengagumkan di sini adalah banyaknya bangunan kerucut yang terbuat dari bambu dan atap jerami. Bangunan ini sekaligus dapat dimanfaatkan untuk beristirahat setelah lelah berswafoto, jalan-jalan menanjak, dan bermain air di taman wisata air bumi pelangi. Tempatnya yang sangat santai sekaligus bisa tidur-tiduran di rumah krucut sambil dimanjakan dengan indahnya alam pegunungan.

Rumah-rumah kerucutnya unik guys.

Di sekitar taman wisata kerucut ala flores banyak terdapat kursi-kursi dari kayu dan bambu. Bisa dimanfaatkan untuk melepas penat. Sekaligus sebagai spot foto juga. Wah pokoknya banyak sekali spot foto kece di tiap-tiap kawasannya. Jadi tidak rugi setelah menepuh perjalanan jauh.

Bagi pengunjung yang membawa anak-anak di sini juga ada playground/taman bermain. Tiket bermainnya Rp. 10.000/anak sudah bisa main sepuasnya di istana balon.


Ini salah satu mainan favorit anak-anak .

Sudah puas jalan-jalannya, main airnya, foto-fotonya. Tinggal ngisi perut yang belum. Tenang di sini banyak jajanan yang mengenyangkan kok dan pastinya harga bersahabat.


Bakso campur yang nikmat dan hangat, dimakan saat udara pegunungan lagi dingin.

Bakso 12 ribu/porsi, mie ayam 8 ribu/porsi dan pop mie 10 ribu/cup. Rasa bakso dan mie ayam enak banget buat harga segitu dan tempat makannya pun bebas mau di mana aja, yang penting jangan kejauhan dari warung baksonya biar mbak-mbak yang mengantar pesanan gak kejauhan nyarinya.


Mi ayamnya mantul, daging suwir ayamnya banyak.

Toilet dan mushola tersedia. Jadi jangan takut untuk tidak menemukan tempat beribadah di sini.

Nah itulah perjalanan kami sekeluarga menikmati pemandangan di taman wisata bumi pelangi. Menjaga alam dan melestarikannya itu penting, pelihara alam sekitar agar anak cucu pun dapat pula merasakan keindahannya.

Semoga ulasan ini bermanfaat dan bisa menjadi referensi wisata di sekitaran kabupaten Kuningan dan sekitarnya. 

Terimakasih sudah berkunjung ke cerita kami kali ini. nantikan cerita-cerita kami selanjutnya di cerita yang berbeda.


Salam


32 comments:

  1. Warna-warnanya mencolok ditengah sawah, seperti pelangi ya. Pasti sejuk main di lereng gunung Ceremai ini.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejuk banget mba, siang-siang aja ada kabut.

      Delete
  2. iyalah di sana dekat ke kuningan ya, pastinya sejuk. belum mampir padahal kemrain ke kuningan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah sayang sekali mba tira ga mampir. Semoga next bisa mampir lagi mba.

      Delete
  3. waaah mungkin bisa aku dtanagin tempat ini skitaran juli ntr pas anak2 libur sekolah mba. kebetulan aku memang ada acara ke daerah sana.. kok lgs pgn mie ayam liat fotonya tadiii :D. kayaknya enak... aku pgn rasain objek wisata kolam yg taman pelangi... apalagi anakku suka banget main air :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa dijadikan list saat berkunjungbkenkota kuningan. Pas liburan waktunya memang sangat tepat.
      Mie ayamnya murmer dan enak pokoknya. Ga nyesel beli. Ada kelapa ijo juga lho mba. Sayang, aku ga foto. Pokoknya kalau kesini maunya minum yang anget-anget.
      Air dikolamnya wis pasti aman buat anak karena cetek banget. Lebih tepatnya biat main becek-becekan.

      Delete
  4. Ya ampun, seru banget ya tempatnya. Udaranya segar, permainannya juga asyik deh

    ReplyDelete
  5. Baru membaca paragraf pertama tentang disuguhi berbagai macam tanaman palawija, duuuuh membayangkan saja saya sudah senang apalagi kesana🙈

    ReplyDelete
  6. MasyaAllah, tempat yang rekomended banget untuk dikunjungi. Orangtuanya suka dengan berbagai tanaman, anak-anaknya pun suka dengan warna-warna yang kontras. Murah ya mbak masuknya cuma 20,000 kalau lapar juga bisa langsung pesan mie ayam yang banyak daging suwirnya itu, hihhihii:)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya murah banget mi-nya, aku aja sampe nambah.

      Delete
  7. Ahahha...jalan jalan biar kayak orang kayah...wkwk...blom pernah niih nginjek tanah kuningan...mostly udaranya dingin yaa...kayak garut gitu? Aku selalu doa kenceng...Kepengin menjelajah semua kota di negeri ini...Aamiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin semoga diseferakan tercapai ya mba doanya.

      Delete
  8. Masyaallah mbak... Cantik banget. Sejuknya di sana. Banyak spot foto menarik karena warna warni pelangi. Jadi pengen ke Kuningan. Kalau dari Palembang, berapa jam perjalanan ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Palembang-bakauheni = 3 jam
      Bakauheni-merak = 5 jam
      Merak-cirebon = 6 jam
      Cirebon-kuningan = 2 jam

      Kalau dari palembang ke jakarta naik pesawat bisa kurang dari itu.
      Semoga disehatkan mba, biar bisa berkunjung ke kuningan.

      Delete
  9. Seru deh main2 ke alam, nanti Corona beres bisa main2 ke tempat wisata alam lagi. Semoga segera berlalu, udah gemes juga mau jalan2. Hehe..

    ReplyDelete
  10. menarik sekali.. kalo yang pelangi-pelangi begini pasti cocok untuk berlibur bersama anak-anak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul, anak-anak paling eksaited sama yang warna-warni.

      Delete
  11. Dari warna-warnanya yang memang mirip pelangi tentu saja membuat anak-anak pasti tertarik untuk bermain di tempat ini. Apalagi disitu bisa bermain air, makin betah deh :D

    ReplyDelete
  12. Duh...kangen ngebakso. Apalagi yang sehah pedes. Duh...ngiler nih. Dingin-dinging gini. Aku belum pernah ke Kuningan, sepertinya menarik tempat wisatanya deh...

    ReplyDelete
  13. Warna warninya nih yg bikin instagrambel bgt yaaa...aku blm pernah ke kuningan cm lewat doang kalau pulkam. Bs jadi next rekomen buat traveling nih

    ReplyDelete
  14. Lumayan juga mbak sepertinya tempat wisatanya untuk refreshing sekeluarga. Saya sendiri belum pernah ke Kuningan. Seru kayanya ya

    ReplyDelete
  15. Hadeuh pengen mie ayamnya. Udah lama banget ga makan mie ayam 🤤

    ReplyDelete
  16. Murah meriah ya tempat wisatanya. Kalau nggak lagi pandemi Corona kayaknya bakal rame ya tempatnya

    ReplyDelete
  17. Banyak ya sebenarnya potensi wisata daerah yang bisa digalakkan. Dengan keunikan dari daerah masing2, tetap bisa memancing wisatawan datang.

    ReplyDelete
  18. Pas ya kalau namanya Bumi Pelangi karena warna-warni indah sekali. Tiketnya pun terjangkau...adem dan sejuk di sini. Dan salfok sama baksonya saya...enaak!!

    ReplyDelete
  19. Warna warninya cerah seger dipandang mata, ditambah nuansa persawahan dibawahnya.Masya Allah. Bisa main air juga ya di tempat wisata ini, kalau bawa anak pasti betah banget

    ReplyDelete
  20. kuningan mmg keren nih t4 wisatanya. sy sdh 2x ke kuningan. Terakhir thn lalu wkt ada acara outbound kantor

    ReplyDelete
  21. Uwu lumayan juga nih ya mbak. Aku belum pernah ke Kuningan, nih. Ke sini limayan murah dan pasti bakal dapat banyak foto.

    ReplyDelete
  22. Wahh segar nya. Warna warninya cantik.. Instagramable ni
    Jadi kangen jalan jalan

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Mencintai Diri Lewat Perawatan Rambut Dengan Scarlett Yordanian Sea Salt

Scarlett Yordanian Sea Salt Shampo & Conditioner Setiap orang memiliki jiwa feminisnya masing-masing. Dalam pergaulan, memilih makanan...