May 15, 2019

Sikat Gigi Saat Berpuasa


Sejak kecil orang tua selalu mengajarkan sekaligus menasihati selalu sikat gigi saat mandi. “Jangan lupa sikat giginya biar bersih”, begitu yang selalu orangtua katakan saat kita melenggang masuk ke kamar mandi. Tentu dengan gayanya anak-anak yang terkadang malas menyikat gigi hanya mengatakan “Iya”, atau jika bosan mendengarkan nasihatnya itu lagi-itu lagi paling anggukan kepala yang dapat menjawab nasihat orang tua.

photo by pixabay

Hah! Iya setelah besar begini saya pun menyadari bahwa membersihkan gigi itu penting. Saat saya mengalami harus cabut gigi geraham bolong dan tidak bisa ditambal, rasanya duh! Sampai sekarang gigi itu tak lagi bisa tumbuh. Alhasil ompong seumur hidup.

Itulah mengapa menyikat gigi minimal dua kali sehari teramat-amat penting. Begitupun dengan menyikat gigi pada saat berpuasa. Saat berpuasa kita pun wajib menjaga kebersihan mulut agar gigi tetap terjaga dari kuman dan penyakit mulut yang sering timbul saat berpuasa. Penyakit itu bisa berupa bau mulut dan sariawan. Tidak enak kan bila sedang berpuasa tapi mengalami sakit sariawan gara-gara kurang menjaga kebesihan mulut. Namun walaupun begitu kita pun sebagai umat muslim harus mengetahui bahwa menyikat gigi saat berpuasa hukumnya makruh. Agar terhindar dari hukum yang dapat mengurangi pahala dalam berpuasa untuk itu kita pun harus tahu saat-saat kapan saja boleh menyikat gigi dan agar mulut tetap segar sepanjang hari. Berikut pemaparannya:

1.      Sikat gigi setelah selesai santap sahur

Waktu sahur dimulai sejak dini hari hingga tiba waktu imsak menjadi pembatas waktu untuk yang berpuasa menghentikan aktifitas sahurnya. Nah sikat gigi bisa dilakukan sebelum imsak jadi saat akan melaksanakan sholat subuh gigi sudah bersih dari sisa-sisa makanan yang tertinggal disela-sela gigi. Sehingga mulut tidak asam dan terasa segar saat menjalani ibadah puasa.

photo by pixabay

2.      Sikat gigi saat sebelum tidur malam

Saat berbuka puasa sebelum menyantap makanan manis hendaknya berkumur dengan air bening hangat. Lalu dilanjutkan dengan menyikat gigi setelah makan-makanan berat dan berkalori sehingga pada saat solat tarawih gigi sudah bersih kembali dan nafas menjadi segar. Namun terkadang pulang dari tarawih masih ingin menyemil makanan ringan dan minuman manis. Perlu diingat jangan malas untuk menyikat gigi kembali sebelum tidur malam sehingga sisa-sisa makanan tidak menjadi bakteri sampai kita bangun tidur untuk sahur.

Itu dia tips singkat mengenai sikat gigi saat perpuasa. Semoga bermanfaat untuk yang sedang berpuasa di bulan ramadan tahun ini. setiap orang memiliki cara mereka sendiri dalam hal kebersihan, semoga tips singkat di atas bermanfaat buat pembaca.

Terimaksih sudah mampir ke blog saya, nantikan cerita-cerita saya selanjutnya dengan cerita yang berbeda.
Salam

2 comments:

  1. aku juga sikat gigi setelah sahur dan sebelum tidur Mbak. Nice sharing. Meski puasa, harus tetap menjaga kesehatan mulut ya

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Beby Rose Glow, Serum, Moisturizing, Primer, Jadi Satu

  Beby Rose Glow Serum Setiap wanita mendambakan kulit sehat. Kulit yang bersih dan cerah menjadi dambaan kaum Hawa. Hingga tidak heran bany...