May 12, 2019

Sebelum Tergiur Promo Belanja Online Di Bulan Ramadan

Ramadan tiba, sambut lebaran dengan beragam promo menarik di semua mercant. Baik pengguna kartu debit, kartu kredit, e-money, member, dan kawan-kawannya. E-commerspun sepertinya tidak mau kalah dengan berlomba-lomba memberikan diskon berbagai macam produk-produk disetiap kategorinya. Sampai-sampai ada yang memberikan voucher THR dengan ketentuan belanja minimum tertentu. Siapa yang tidak tergiur.

Buat para maniac shopping, ini merupakan surga belanjanya. Karena mereka bisa membeli barang incaran dengan harga di bawah harga asli. Kalau saja diskon itu sampai dengan 70%? Wow, membeli satu rasanya belum cukup yah!

Tapi ada tapinya, belanja tidak melulu dengan hal yang positif tetapi juga ada negatifnya. Kenapa? karena pengeluaran yang tidak terkendali mampu mempora-porandakan keuangan rumah tangga yang dibangun selama berbulan-bulan. 

pict by pixabay
edit by atinnuratikah

Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan bila ingin berbelanja online:

1.       Anggaran, hendaknya direncanakan secara matang.

Terkadang manusia itu tempatnya khilaf, jika tidak diperinci keuangannya bisa bablas semuanya, sehingga apa yang sudah ditabung dan dikumpulkan selama berbulan-bulan bisa habis dalam sekali mengklik produk yang di incarnya. Nah hendaknya sebelum membeli dapat dipikirkan masak-masak apakah barang yang dibeli merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak atau dapat ditunda untuk sementara waktu hingga kebutuhan yang lebih penting dahulu yang diprioritaskan. Agar terhindar dari, sudah beli lalu teronggok dipojok ruangan hanya menjadi pajangan seumur hidup.

2.      Selektif dalam memilih e-commers.

Termakan iklan di TV karena sangat meyakinkan. Bisa juga karena caption yang menjanjikan dan foto yang ditampilkan terlampau bagus menampilkan barang dagangan sehingga kita tidak menyadari apakah barang yang diposting merupakan barang original atau malah palsu setelah barang sampai ke tangan konsumen. Jangan sampai menemukan yang begini.

Membaca ulasan-ulasan dari konsumen sebelum-sebelumnya bisa menjadi salah satu pertimbangan sebelum membeli. Apakah pembeli sebelumnya merasa puas dengan hasil yang diberikan atau banyaknya komentar negatif yang dapat membuat kita berpikir ulang untuk membeli barang tersebut di toko itu. Semua bisa dicari tahu apabila kita seseorang yang selektif dalam memilih toko yang akan dikunjungi.

3.      Pilihlah yang memberikan promo.

Nah ini yang utama. Promo bisa menghemat pengeluaran. Biasanya toko-toko ternama yang menggunakan mercant tertentu akan memberikan cashback untuk pembeli dengan pembelanjaan minimum tertentu. Walaupun cashback tidak langsung diberikan oleh penyeleggara namun ini bisa menjadi tambahan saldo dikemudian hari. Karena dengan memanfaatkan promo kita masih bisa membeli barang merk berkualitas namun tidak perlu membayar dengan harga penuh.

Pertimbangan-pertimbangan itu perlu dipikirkan karena kebutuhan manusia itu tidak hanya satu tetapi banyak sekali. intinya dahulukan kebutuhan medesak, setelahnya baru dapat membuat list barang apa yang akan dibeli. Sehingga saat lebaran nanti kita masih memiliki keuangan yang aman sampai cuti liburan berakhir.

Semoga tulisan ini bermanfaat
Salam

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Beby Rose Glow, Serum, Moisturizing, Primer, Jadi Satu

  Beby Rose Glow Serum Setiap wanita mendambakan kulit sehat. Kulit yang bersih dan cerah menjadi dambaan kaum Hawa. Hingga tidak heran bany...