May 8, 2019

Resep Sayur Lodeh Simpel Pakai Bumbu Racik

Bagi seorang Ibu yang memiliki anak masih masa pertumbuhan. Mengajarkan anak untuk makan sayur itu tidak pernah bosan untuk mengingatkan. “Makannya pakai sayur”, “Sayurnya dimakan jangan disisain”, “sayur itu sehat”, dan berbagai macam argumen  supaya anak mau makan sayur sama sayurannya bukan hanya kuahnya.

 Tapi buat saya masih alhamdulilah walaupun yang disendokin ke piringnya cuma kuahnya saja. karena nutrisi dari sayurannya juga sudah mengalir ke kuahnya kan. makanya buat saya sebisa mungkin membuat sayur yang banyak airnya dan rasanya sedap buat anak-anak.
Saya yang termasuk tidak pandai dalam hal masak memasak. Namun bagaimanapun juga saya harus memasak agar anak tidak kebanyakan jajan. Maksimal saya harus membuat mereka merasa kenyang sebelum bermain ke luar rumah jadi jajan sembarang dapat diminimalisir.

photo by doc.atinnuratikah
Ambil gambar tengah malam karena kelupaan jadi pencahayaan seadanya.

Bumbu instan buat saya sangat membantu saya menyajikan masakan yang rasanya beneran pas. Kalau harus meracik bumbu yang diulek saya suka bingung sendiri  lamaaa sekali mengerjakannya. Padahal kalau sudah lapar urusan perut tidak dapat di tunda-tunda kan, jadi supaya cepat dan praktis saya menggunakan bumbu instan siap saji dan siap masak. Ini sangat membantu saya menyelesaikan masakan lebih cepat. Tahu sendiri, beda menu, beda bumbu yang dibuat. Jadi saya memanfaatkan bumbu instan untuk membantu saya meringankan pekerjaan kebanyakan mikir urutan bumbu satu persatu yang harus dihaluskan pakai cobek.

Suami dan anak suka banget sama sayur lodeh makanya sayur lodeh bisa tiga kali dalam seminggu saya buat. simpel saja saya sih masak sayur lodehnya. Saya juga mau share bagaimana sayur lodeh simpel yang saya buat untuk keluarga saya. 

Berikut bahan-bahannya:


photo by doc.atinnuratikah

1.       1 buah wortel
2.      1 buah terong ungu
3.      1 buah kacang panjang
4.      1 buah jagung manis
5.      1/2 genggam toge pendek
6.      2 genggam daun melinjo
7.      ¼ papan tempe
8.     5 siung bawang merah
9.      1 bungkus bumbu racik sayur lodeh
10.  1 bungkus santan instan bubuk
11.   Air ½ panci ukuran sedang
12.  3 sendok makan minyak goreng

Cara membuatnya:
1.       Potong-potong sayuran sesuai selera.
2.       Rajang halus bawang merah.
3.      Tumis bawang merah dengan minyak goreng.
4.      Tambahkan air, rebus sampai mendidih.
5.      Masukkan jagung, wortel, toge pendek, sampai mendidih.
6.      Masukkan lagi kacang panjang, terong, daun melinjo, dan tempe.
7.     Masukkan bumbu racik sayur lodeh dan santan bubuk, masak hingga mendidih dan sayuran matang. Cek rasa.
8.     Sajikan.

Saya tidak menambahkan garam dan gula lagi ataupun penyedap masakan lainnya. Karena buat saya dan keluarga, hanya dengan bumbu racik rasanya sudah pas. Selamat mencoba ya semoga resep simpel ini bermanfaat buat pembaca.

Terimaksih sudah berkunjung ke blog saya, jangan lupa tinggalkan komentar dan nantikan cerita-cerita saya yang lainnya.
Salam

No comments:

Post a Comment

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Beby Rose Glow, Serum, Moisturizing, Primer, Jadi Satu

  Beby Rose Glow Serum Setiap wanita mendambakan kulit sehat. Kulit yang bersih dan cerah menjadi dambaan kaum Hawa. Hingga tidak heran bany...