May 7, 2019

Ngabuburit Sambil Menunggu Bedug Magrib


Bulan Ramandan merupakan bulan yang ditunggu-tunggu oleh umat islam di seluruh dunia. Tidak heran jika semua umatnya berlomba-lomba mencari kebaikan di bulan suci nan penuh berkah ini. Namun ada tradisi di Indonesia nih seputar bulan puasa. Yup, tentang ngabuburit.

photo by doc pribadi

Apa sih ngabuburit itu? Ngabuburit berasal dari bahasa Sunda yang artinya jalan sore-sore menjelang azan magrib.  Nah karena kebiasaan inilah yang kemudian jika di bulan puasa orang-orang senang berjalan-jalan sambil menunggu berbuka puasa sambil mencari menu berbuka bersama anggota keluarga atau teman-teman. Makanya kata ngabuburit jadi sebutan yang senantiasa kita dengar.
Banyak sekali aktifitas yang bisa dilakukan saat ngabuburit selain duduk-duduk menunggu berbuka.


Mendengarkan Kultum

photo by pixabay

Kultum atau Kuliah Tujuh Menit baik di rumah sembari nonton TV yang acaranya dibawakan oleh Ustad kondang tanah air atau mendatangi pengajian di Masjid dan Mushola terdekat, yang diadakan oleh komunitas tertentu mengkhususkan kajian rutin hanya dibulan puasa. Biasanya sambil khataman qur’an, mendengarkan ceramah lalu berbuka bersama. Dengan begini ngabuburitnya tidak sia-sia karena sekaligus beribadah dan bisa menambah pahala berlipat-lipat.


Membuat Takjil

photo by pixabay

Berbukalah dengan yang manis. Kalimat seperti ini sering sekali kita dengar saat berbuka. Makanan manis banyak sekali ragamnya. Kurma, kolak, puding, es buah. Dimaksudkan dengan makanan manis kalori yang hilang selama berpuasa seharian penuh dapat tergantikan dengan makanan yang rasanya manis.
Membuat takjil menjelang berbuka puasa bisa menjadi aktifitas yang menyenangkan dikarenakan dapat mengalihkan perhatian dari jam yang terus dilihat tak kunjung magrib. Sambil sibuk buat takjil sesuai selera, waktu berjalan sungguh tak terasa. Takjil selesai dibuat bedugpun berbunyi.


Jalan-Jalan Sore

Semua orang pasti senang diajak ngabuburit. Apalagi kalau ngabuburitnya rame-rame sama keluarga, teman, tetangga, dll. Selain menimbulkan perasaan senang. Berjalan sore-sore sambil menunggu bedug magrib bisa mempererat tali silaturahmi antar sesama. Kita bisa mengobrol, bercanda, yang tadinya aktifitas sesama hanya lewat teguran, sapaan, senyuman, kemudian dingabuburit ini bisa mengobrol bersama, karena terbebas dari rutinitas pekerjaan rumah maupun kantor bisa lebih cepat. Sehingga untuk bertemu sambil ngabuburit bisa lebih lama sampai magrib.

photo by pixabay

Sambil jalan-jalanpun kita bisa sekaligus membeli menu berbuka. Biasanya dibulan puasa selain orang berlomba-lomba dalam beribadah dan mencari pahala. Orang-orang juga berlomba-lomba mencari rezeqi untuk lebaran yaitu dengan berjualan panganan untuk berbuka. Banyak pilihan pastinya yang menggugah selera untuk diicp-icip.

Nah itu dia ngabuburit ala saya dan pasti juga tidak jauh berbeda dengan ngabuburitnya teman-teman semua. Terimakasih sudah mampir ke blog saya. Jangan lupa tinggalkan komentarnya ya. Sampai jumpa di blog saya yang lainnya.

See You

10 comments:

  1. Aku paling suka membuat takjil sama keluarga, khususnya Bunda Kak. Soalnya ada rasa kebahagiaan sendiri sih waktu ngelihat takjil bikinan sendiri dan pengen cepet-cepet minum bareng keluarga.

    Oh ya, aku baru tahu kalau ngabuburit berasal dari Bahasa Sunda. Aku kira berasal dari Bahasa Arab atau dari mana gitu.
    Hehe...

    Semangat puasa ya Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya benar, membuat takjil sama keluarga menjadi moment berharga buat aku yang sudah tinggal misah sama orangtua karena sudah punya keluarga inti sendiri. Namun jika aku pulang ke rumah mama, aku selalu gak keberatan bila dimintai tolong buat kudapan berbuka. Happy aja, makananku masih disukai sama sodara-sodaraku.

      selamat puasa juga buat mba inid ya.

      Delete
  2. Selamat menjalankan ibadah puasa juga.. Dalam bahasa Sunda, 'burit' itu artinya sore. Jadi maknanya menghabiskan waktu sore dengan beragam aktivitas. Kalo saya paling ngajak anak keliling komplek sambil beli camilan tambahan buat buka puasa.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal juga mas. Terimakasih sudah mengunjungi blog saya.

      Delete
  3. Kalau lagi di kantor, ngabuburit sambil denger/nonton ceramah di YouTube.. kalo di rumah, aktifitasnya hunting takjil..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Salam kenal mas. Terimakasih sudah berkunjungbke blog saya.

      Delete
  4. kalau aku leyeh2 sama suami

    ReplyDelete
  5. Wah boleh nih artikelnya saya pakai untuk bahan tugas, Terima kasih ya!
    Sekalian bagi-bagi ilmu sama teman2 semua.. Jadikan kegiatan ngabuburitmu berfaedah dan bisa bikin kaya loh..
    ngabuburit yang berfaedah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Padahal saya belum kasih izin. Tapi kenapa udah bilang trimakasih duluan.
      Hemmm....

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Prive Uricran Plus Mengobati Anyang-anyangan Karena Infeksi Saluran kemih

Prive Uricran dalam bentuk serbuk yang menyegarkan [doc:atinnuratikah] “Minuman segar, manis dan enak ini ternyata bisa memelihara s...