May 14, 2019

Make Up Natural Untuk Kulit Sawo Matang


“Haduh itu cewek cantik banget yah, sudah cantik, jago dandan pula. Make-upnya flawless banget”. Emak pasti suka deh berkomentar seperti di atas kalau nonton para beauty vlogger and blogger yang nge-share video make-upnya di youtube. Mereka seperti sudah ahli dalam menggunakan kuas make-up. Memilih warna yang cocok untuk warna kulit. Tidak sedikit pula dari mereka memberikan tips bagaimana membuat alis yang kece dan memasang bulu mata yang lentiknya sampai kena angin ributpun tetap bergeming. Kepengen nggak Mak? Saya sih kepengen banget. Tapi apalah daya. Make-up kondanganpun cuma bedak sama lipen. Itupun buat yang nggak pernah make-up neko-neko sudah berasa high class.

Namun berhubung saya mobilenya ke banyak tempat. Perginya bisa seharian, dari pagi sampai sore. Nggak sampe pagi lagi kok Mak, masih inget anak di rumah dan nggak lupa jalan pulang. Jadi bagaimanapun saya harus pakai make-up yang bedaknya nggak cepat luntur, apalagi sampai hilang. Nggak enak kan Mak kalau lagi diburu waktu harus ketemu banyak orang. Ketemu si A dan B, bedak masih nempel sempurna. Eh begitu pas ketemu si C, bedaknya sudah tak kelihatan. Nggak sempat dandan.

Jadi sekarang saya mau kasih tutorial make-up yang super simpel and natural sekali untuk Emak yang nggak suka menor. Peralatan make-upnya pun nggak perlu banyak-banyak dan bisa dibawa di dalam tas. Mau kemana saja bisa tacap di manapun dan kapanpun, nggak perlu waktu lama-lama buat dandan.

Berikut perlengkapan make-up natural untuk kulit sawo matang seperti saya:

Sebelum menggunakan make-up inget ya Mak, wajib menggunakan skincare. Dimaksudkan apabila kulit Emak tergolong sensitif, kulit tidak langsung jerawatan karena sudah terperisai sempurna oleh skincare yang digunakan. Jadi make-up pun tetap aman dan nyaman.


photo by pexels

1.       Foundation

Pilihlan foundation yang sesuai dengan warna kulit. Tujuannya agar warna kulit asli dengan foundation ketimpangannya tidak terlampau jauh. Karena penggunaan foundation tujuannya adalah untuk meratakan warna kulit bukan membuat kulit lebih putih.

Misalnya kulit Emak agak beruntusan dan ada bekas jerawat. Dengan memakai foundation, bekas jerawat dan beruntusan di kulit dapat tersamarkan. Jadi kulit wajah Emak terlihat lebih mulus.

Foundation yang digunakan bisa berbentuk liquid, creamy, BB, CC, atau apapun pilihannya asalkan Emak lihai menggunakannya.

2.      Bedak tabur

Pilihlah bedak tabur yang warnanya sama dengan foundation. Karena dengan begitu tampilan wajah jadi tidak belang. Nggak kece kan Mak kalau pakai foundationnya warna gelap lalu ditimpa bedak warna putih. Endingnya jadi warna apa Mak?

Bedak yang dipilih bisa compact powder atau bedak tabur. Saya lebih suka menggunakan bedak tabur karena lebih mudah diaplikasikan bila menggunakan kuas.

3.      Pensil alis

Memilih warna pensil alis pun butuh pertimbangan. Karena warna pensil alis yang digunakan dapat memberikan ciri khas sekaligus karakter si pemakai. Sampai hari ini saya masih setia dengan warna brown. Entah kenapa sejak dahulu hingga sekarang saya lebih nyaman menggunakan pensil alis warna coklat ketibang warna hitam atau abu-abu. Terserah Emak, emak bisa coba-coba dengan warna apapun asalkan Emak cocok dan bisa memakainya. Saya belajar bikin alis di Youtube.

4.      Eyeshadow

Lagi-lagi warna natural menjadi pilihan agar make-up yang digunakan tidak mencolok apalagi sampai menor. Di sini saya mengggunakan eyeshadow warna coklat dan natural kulit sawo matang.

5.      Mascara

Jarang sekali saya menggunakan mascara selain warna hitam. Padahal mascara kekininan warnanya sudah beragam. Untuk make-up natural, pilihan warna hitam sudah sangat tepat karena namanya juga make-up natural. Sehingga penampilan wajah kita dibuat senatural mungkin. Pemakaian bulu mata palsu sepertinya kurang perlu untuk aktifitas sehari-hari karena bulu mata asli masih tetap bisa membuat tegas mata apabila menggunakan mascaranya baik dan benar. Namun berbeda bila pada acara khusus lainnya yang membutuhkan riasan wajah yang lebih glamour, nah ini sangat diperlukan. Saya memilih mascara yang waterproof agar dapat bertahan lebih lama dan apabila terkena air wudhu tidak bleberan kemana-mana warnanya.

6.      Lipstick

Make-up natural untuk kulit sawo matang hendaknya menghindari warna terang seperti warna merah cabe, ungu, pink muda dan orange. Pilihlah warna yang kemudian setelah disapukan ke bibir warnanya menjadi nude, seperti; warna coklat, pink tua dan peach. Karena warna-warna ini membuat tampilan wajah akan menjadi flawless, lebih muda dan tentunya tidak menor.

Saya tidak menggunakan blush-on untuk riasa sehari-hari karena saya merasa itu tidak perlu. Namun bila datang ke acara undangan. Saya menggunakan blush-on warna peach agar tampilan lebih glowing dan segar.

Itu dia tips make-up natural ala saya untuk Emak yang memiliki kulit sawo matang. Semoga tulisan ini bermanfaat buat Emak. Intinya memantaskan diri di depan orang lain itu diperlukan tidak hanya untuk suami saja kan Mak. Tujuannya bukan untuk hal-hal yang negatif, namun menghargai orang lain dan bersikap sebaik mungkin agar citra diri tidak buruk di mata orang lain.

Terimakasih sudah berkunjung ke blog saya. Nantikan cerita-cerita saya selanjutnya dengan cerita-cerita yang lainnya.

Salam

9 comments:

  1. Nice info. Meski sebenarnya aku lebih suka apply bedak dan lipstik aja 😄

    ReplyDelete
  2. Nice info. Meski sebenarnya aku lebih suka apply bedak dan lipstik aja 😄

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih mba latifah sudah berkunjung ke blog saya. Salam kenal.

      Delete
  3. aku termasuk yg males dandan kecuali terpaksa :p. kalo ke kantor wajib, krn kerjaanku berhuhungan dengan customer. ga mungkin ga dandan jadinya :D. tp itu juga ga mau menor. yg ptg kliatan seger aja dan ga kucel :D. lipstik,eye shadow, eyeliner, mascara itu wajib hukumhya kalo utk sehari2 di kantor buatku

    ReplyDelete
    Replies
    1. Benar sekali mba Fanny. Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.

      Delete
  4. Hmm infonya kayak menarik nih, cuma kalau makeup tuh bagusnya ada fotonya juga mba. Jadi bisa sekalian lihat hasilnya, buat yg mau ngikutin juga gampang soalnya langsung liat contoh nyatanya hehe

    Semoga next post ada fotonya yah :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe... Sebenarnya aku sudah buat video dan foto. Karna belum sempat edit jadi belum di simpan di blog ini. Maksudnya, next pada saat aku waktu senggang aku akan perbarui artikel ini.
      Terimakasih atas kritikannya mba Nindy dan terimakasih juga sudah mampir ke blog aku.

      Delete
  5. Masih kurang lengkap nih perawatan wajah saya. Makin berumur gini, rasanya pengen makin aware dengan kesehatan kulit wajah. tapi ko ya masih suka males yaa :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Mba dewi tidak seorang diri. Nyatanya sayapun demikian. Hahaha, kadang-kadang.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Beby Rose Glow, Serum, Moisturizing, Primer, Jadi Satu

  Beby Rose Glow Serum Setiap wanita mendambakan kulit sehat. Kulit yang bersih dan cerah menjadi dambaan kaum Hawa. Hingga tidak heran bany...