February 6, 2019

PASAR DIGITAL ‖ PASAR TJENGKIR GADING CIREBON



Destinasi wisata di Indonesia sepertinya sedang bergelora menghadirkan tempat-tempat wisata baru yang mulai dimunculkan kepermukaan lewat wisata digital. Nah yang sedang hits di tiga tahun terakhir adalah adanya pasar digital, yaitu tempat orang-orang berkumpul secara beramai-ramai yang didalamnya selain kita bisa berbelanja barang-barang yang di jual di pasar sekaligus bisa menikmati acara tontonan yang diadakan oleh pasar itu sendiri.


Baru dari kota Cirebon, adanya Pasar Digital yang mulai dibuka untuk masyarakat umum. Tempatnya di kabupaten Cirebon daerah Kenanga Sumber. Yang suka jalan-jalan ke Cirebon pasti sudah hapal sama daerah Sumber ya kan?.

Aksesnya mudah di jangkau, kalau kamu dari kota Cirebon untuk sampai ke Pasar Tjengkir Gading bisa naik angkot GS jurusan Gunung Sari - Sumber (warna biru telor asin angkotnya), sampai Pasar Sumber atau Kapolres Sumber. Di lanjut lagi naik angkot jurusan Kramat (warna kuning angkotnya) turun di Alfamart Kenanga Sumber. Pas banget disamping Alfamart agak dibelakang dikit tempatnya itu Pasar Tjengkir Gading.


Pasar ini dibuka setiap hari Minggu dari jam 8 pagi sampai jam 12 siang. Walaupun tidak dibuka satu hari penuh. Dari pagi sampai siang acaranya padat guys. Banyak sekali acara-acara yang diadakan oleh pihak panitia Pasar Tjengkir Gading, diantanya:


1    Hiburan yang ditampilkan seluruhnya berasal dari komunitas-komunitas sekitar Cirebon.

      ·   Tari-tarian Daerah

Tari Topeng khas Cirebon

Tari Jaipong khas Jawa Barat.

      ·    Musikalisasi Puisi.


      ·    Band-band anak muda daerah sekitar pasar, dsb.


     Mereka  yang ingin menyumbangkan kebolehan dan keberanianya tampil di muka umum, bisa sekali mendaftar kepada panitia Pasar. Semuanya GRATIS alias tidak di pungut biaya.



Suka foto lalu di posting di Sosial Media? Nah ada nih zona Spot Foto yang Instagramable banget buat kalangan anak milenial. Disini banyak banget yang dapat dijadikan sasaran foto karena spotnya banyak. Jadi jangan takut ngantri.


Untuk masuk ke spot foto ini sebenarnya GRATIS tapi panitia menyediakan kotak untuk para pengunjung yang ingin menyumbang ala kadarnya untuk pemeliharaan dan perbaikan bila ada spot-spot foto yang mengalami kerusakan. Jadi jangan pelit-pelit nyumbang yah.









Zaman serba Gadget ini apa-apa pakai HaPe. Terutama untuk anak-anak usia Sekolah. Tidak sedikit yang kemudian kecanduan main Gadget. Jadinya banyak anak-anak sekarang yang gak kenal sama permainan jadoel. Padahal permainan-permainan jaman dulu itu juga gak kalah seru loh dengan game online. Permainan-permainan yang diperkenalkan di pasar ini diantaranya:

·         Lompat tali (karet)


Itu loh! Mainan karet yang dimainkan beberapa orang dibagi menjadi dua kelompok. Ada yang jaga untuk pegangin karetnya dan ada yang main terus lompat. Kalau lompatannya gagal berarti mati terus gantian jaga pegangin karetnya.

·         Bola bekel


Mainan ini terdiri dari bola dan gapit. Gapit itu batu yang bisa kita ambil setelah melempar bola. Gapit macam-macam bentuknya tergantung punyanya model apa. Ada yang pake batu krikil, kerang-kerangan dan beneran gapit bentuknya. Sahnya sih yang terakhir hehehe.

·         Tembak-tembakan bambu


Biasanya ini mainan para cowok ya kalau cewek yang main ini berarti dia tomboy banget. Mainan tembak-tembakan ini terbuat dari bambu. Biasanya  pelurunya dibuat dari kertas koran dibasahin. Lalu di bulet-bulet kecil-kecil dimasukkan ke bambunya, terus di tembak-tembakin deh. Bunyinya mirip letusan pistol beneran. Dan ini gak berbahaya. Karena koran basah jika ditembakan ke tangan tidak menyakitkan sama sekali.

·         Gangsing


Anak cowok juga pasti hapal sama mainan ini. Mainan yang dililitkan pakai tali lalu di tarik talinya kemudian gangsingnya berputar cepat. Buat anak milenial, mainan ini seru banget. Saya aja suka ngeliatnya.

·         Congklak

Siapa yang dulu waktu kecil suka main congklak? Saya dong hehehe, karena congklak bisa dimainkan oleh anak perempuan ataupun laki-laki tapi utama yang suka main ini sih anak perempuan ya.

Terdiri atas 14 lubang anakan yang berukuran kecil dan 2 lubang ibu besar. Bermainnya menggunakan biji congklak yang diisikan ke lubang anakan kecil dan berakhir di lubang ibu besar. Siapa yang berhasil mengumpulkan biji paling banyak di lubang ibu besar berarti dialah pemenangnya.

·         Egrang


Mainan ini unik dan membutuhkan keahlian berjalan dengan alas kaki yang tak wajar. Kenapa begitu. Kalau berhasil berjalan dengan baik, mainan ini mengasyikan tapi kalau dikit-dikit jatuh, dikit-dikit jatuh. Pegel ya tapi bikin penasaran. Mau coba? Datang ke pasar Tjengkir Gading buat coba sendiri.

·       Dam Daman



Permainan yang satu ini mirip catur. Makan memakan. Eh... bukan biji batunya yang dimakan ya.

Di pasar ini Panitia mencoba memperkenalkan kembali ke anak-anak yang berkunjung ke pasar untuk ikut bermain bersama kakak-kakak Panitia. Ternyata antusiasnya meriah loh. Anak-anak yang datang ke pasar ini selain bisa foto-foto, jajan-jajan dan menikmati hiburan. Mereka juga bisa bermain layaknya bermain di halaman rumah mereka sendiri. Yang tadinya gak tahu nama mainan dan cara memainkannya. Mereka jadi tambah tahu dan makin banyak ilmu. Seru kan? Makanya ajak putra dan putri pembaca main ke sini ya.



Alat tukar mata uang khas Pasar Tjengkir Gading


Mau belanja di Pasar Tjengkir gading? Uang beneran kamu gak laku disini. Jadi Jangan lupa tukar dulu uang benerannya dengan alat tukar khas dari Pasar Tjengkir Gading. Tiap koin memiliki angka. Tiap angka tinggal di tambah angka ‘0’-nya aja sendiri. Contoh angka 1 = 1000. Disini tersedia koin angka 1 – 50. Jadi kalau mau belanja di tukar dulu ya ke Stand Penukaran Uang. Di jamin deh belanja kamu makin seru, karena alat tukarnya yang tidak biasa.




Menonton pertunjukan kreasi dari anak-anak muda milenial sudah. Mainan seru-seruan sudah. Saatnya isi perut biar gak oleng hehehe... namanya juga pasar yang jual makanan banyak. Sebanyak pilihan maunya makan berat atau makan ringan. Abis makan berat terus nyemil yang enak-enak juga ada guys.

Kalau sudah di Cirebon jangan ketinggalan cobain makanan khasnya. Berhubung pasar ini bukanya pagi sampai siang jadi cobain yak sarapannya orang Cirebon itu apa. Yup! Nasi Jamblang dan Docang.

1.      Nasi Jamblang


Nasi yang dibungkus daun jati ini unik banget. Makan diatas daun pisang sudah biasa ya. Kalau makan alasnya daun jati cuma Nasi Jamblang yang punya kekhasannya begitu. Nasi dengan aneka lauk pauk siap menggugah selera makanmu.

2.      Docang



Suka makan-makanan yang berkuah pagi-pagi di udara yang dingin terus ketemu yang anget-anget sarapannya kayak Docang ini. Lontong, daun singkong rebus, tauge rebus, di siram kuah dage yang sedap banget, pake krupuk khas buat docang terus ditaburi parutan kelapa. Bikin sarapanmu jadi hangat.

Dan ada lagi makanan yang lain-lain nah yang ini sih sudah biasa ya ada di mana-mana.

3.      Ketoprak


4.      Karedok



5.      Jajanan Pasar


6.      Oleh-oleh


7.      Cemilan

Cilok

Martabak Mini




Tak lengkap rasanya setelah berkunjung ke pasar Tjengkir Gading gak bawa cindera mata khas Cirebon. Cindera mata ini cocok banget buat oleh-oleh/buah tangan dari Cirebon. Pernak-perniknya bagus-bagus guys karena semuanya handmade. Sodara-sodara pasti seneng dapet oleh-oleh yang unik.





Jadi gitu guys jalan-jalan Mingguan kita kali ini. Yang biasa ke Mall kalau hari Minggu atau pergi ke Pasar Tradisional. Nah mulai saat ini bisa kalau hari minggunya menyempatkan waktunya untuk pergi ke Pasar Gigital Tjengkir Gading.

Oke teman-teman semoga ulasan saya kali ini menginspirasi buat teman-teman yang jalan-jalannya ke yang itu-itu saja tempatnya. Semoga bisa menjadi referensi jalan-jalan kamu dan di list di buku catatan kamu.

Terimakasih ya sudah berkunjung. Semoga bermanfaat dan menginspirasi. Jangan lupa untuk tinggalkan komentar agar saya bisa blogwalking ke blog kamu guys.

Salam

13 comments:

  1. Pasti seru banget pergi ke pasar digital. Permainan tradisionalnya yang makin bikin pasar ini beda abis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul mba utari srkaligus bernostalgia yang dulu kita mainkan kini diperkenalkan kepada anak-anak.ada yang baru kenal sama mainan karena kemungkinan tinggal di komplek perumahan yang gak ada yang mainan kayak gitu.

      Delete
  2. Kayaknya tempatnya tertata rapi dan menunya itu loh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Belum begitu rapi mba karena soft opening tapi sudah layaklah untuk diperkenalkan untuk khalayak ramai. Karena antusias dari warga sekitar dan kuliner yang lengkap makanya pasar digital ini sudah baik menurut saya.

      Delete
  3. Menyenagkan sekali kalau ada ruang terbuka yang ramah anak gini, ya mbak. Anak-anak jadi bisa bermain bebas, ada berbagai event juga trus ada makanan-makanan enaaak. Itu beda banget sih, mbak , cara mbayarnya. Semoga kedepannya makin rapi dan menarik pasar digital ini

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba dewi. Tiap minggu penampil beda-beda gak sama. Jadi tiap datang ke event ini selalu ada yang baru.

      Delete
  4. Insya Allah hari Minggu ini ke sana hehe. Semoga dpt berkontribusi untuk pariwisata Cirebon. 😁

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Prive Uricran Plus Mengobati Anyang-anyangan Karena Infeksi Saluran kemih

Prive Uricran dalam bentuk serbuk yang menyegarkan [doc:atinnuratikah] “Minuman segar, manis dan enak ini ternyata bisa memelihara s...