November 16, 2019

Taman Gua Sunyaragi Salah Satu Dari Sekian Banyak Cagar Budaya Indonesia Yang Masih Terawat Dengan Baik


photo by doc pribadi atinnuratikah

Mengisi waktu senggang atau weekend yang terbayang pasti jalan-jalan ke Mal, hangout dengan teman sesama emak yang biasa nunggu anak di sekolah. Meetime-nya emak-emak begitukan? Kalau enggak arisan ya ngemal. Siapa yang senasib? Tapi kalau weekend-nya diisi dengan kegiatan jelajah bersama keluarga terutama anak-anak, mereka bakalan bosen nggak ya? 

photo by doc pribadi atinnuratikah


Berhubung Mak Kece ini hobby jalan sampe nge-tug (bahasanya orang Parung = jalan terus sampe gempor) gak cuma ngemal aja, selalu punya cara agar anak yang banyak tanya alias kritis ini juga bisa diajak jelajah cagar budaya yang ada di dekat daerah tempat tinggal.

Bicara soal cagar budaya Indonesia, di Cirebon banyak tempat-tempat bersejarah dari zaman kerajaan yang situs dan peninggalannya masih ada bahkan berdiri kokoh. Salah satunya adalah Taman Wisata Gua Sunyaragi.





Taman yang sudah berdiri sejak tahun 1703 masehi ini didirikan oleh Pangeran Kararangen yaitu cicit dari Sunan Gunung Jati (versi Caruban Nagari adalah yang digunakan sebagai acuan para pemandu wisata Gua Sunyaragi).

Taman Wisata Gua Sunyaragi berlokasi di kelurahan Sunyaragi, Kesambi kota Cirebon. Nama “Sunyaragi” berasal dari bahasa Sanskerta yaitu kata ‘sunya’ artinya ‘sepi’ dan ‘ragi’ yang berarti ‘raga’. Tujuan didirikannya gua tersebut sebagai tempat beristirahat dan meditasi para Sultan Cirebon dan keluarganya.

Taman ini sekilas hanya berupa kumpulan batu tak beraturan namun, bila dilihat dengan lebih teliti tiap batunya memiliki karakter yang berbeda. batu-batu ini nampak unik karena namanya batu yang biasa kita lihat, permukaannya halus seperti candi-candi di kota lain. Namun batu di taman ini terlihat berbeda, permukaannya kasar lalu membentuk seperti candi secara alami. Alhasil penampakan batunya terlihat sangat berbeda dengan batu-batu pada umumnya.





Dapat diperhatikan dalam denah berikut:


photo by doc wikipedia GOOGLE


Bangsal Jinem
Sebagai tempat Sultan memberi wejangan sekaligus melihat prajurit berlatih.

Gua pengawal
Sebagai tempat berkumpul para pengawal Sultan.

Kompleks mande kemasan (sebagian sudah hancur termakan zaman).

Gua pande kemasan
Sebagai tempat membuat senjata tajam.

Gua simanyang
Sebagai tempat pos penjagaan.

Gua langse
Sebagai tempat bersantai.


photo by doc pribadi atinnuratikah


Gua  peteng
Sebagai tempat menyepi untuk kekebalan tubuh.


photo by doc pribadi atinnuratikah


Gua arga jumud
Sebagai tempat orang penting keraton.


photo by doc pribadi atinnuratikah


Gua padang ati
Sebagai tempat bersemedi.

Gua kelanggengan
Sebagai tempat bersemedi agar langgeng jabatan.

photo by doc pribadi atinnuratikah


Gua lawa
Sebagai tempat khusus kelelawar.

Gua pawon
Sebagai dapur penyimpanan makanan.




Menurut Mak Kece pengelolaan taman wisata ini sangat baik karena pengunjung tidak hanya disuguhi pemandangan wisata purbakala bersejarah namun juga wisata swafoto kekinian cocok untuk anak milenia jaman now yang selalu berburu foto instagramable dengan latar belakang gua sunyaragi.


photo by doc atinnuratikah





Setiap hari Sabtu pengunjung bisa melihat anak-anak yang sedang berlatih tari Topeng yang merupakan tarian tradisional khas Cirebon di taman ini.


photo by doc pribadi atinnuratikah


Intinya hanya satu, agar taman selalu ramai dikunjungi tidak hanya oleh turis mancanegara ataupun domestik tetapi juga oleh warga sekitar Taman Gua Sunyaragi.

Itu dia jalan-jalannya Mak Kece nemenin anak sekaligus meetime-nya emak. Jalan-jalan di tempat terbuka selain bisa berkeringat badanpun menjadi bugar. Mencintai peninggalan terdahulu salah satu wujud cinta kita terhadap alam Indonesia. Bersyukur karena masih dapat menyaksikan peninggalan zaman tua. Maka lestarikan dan rawat dengan baik agar generasi selanjutnya dapat melihat apa yang ada di masa kini.


photo by doc pribadi atinnuratikah


Tulisan ini diikutkan dalam Kompetisi Blog Cagar Budaya Indonesia yakni perlombaan menulis blog yang diadakan oleh komunitas Ibu-Ibu Doyan Nulis (IIDN) yang didukung oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) dengan Tema “Rawat atau Musnah!”.

photo by komunitas IIDN


Buat emak lainnya, yang juga memiliki cerita sama dengan Mak Kece mengenai cagar budaya yang masih terawat dengan baik ataupun cagar budaya yang terabaikan bahkan hampir dilupakan nah, kini saatnya bersuara agar kedepannya cagar budaya di Indonesia, (gak usah jauh-jauh, yang ada di sekitar rumah emak aja), agar semakin baik kedepannya.

Info lebih lanjut mengenai kompetisi menulisnya bisa cek di sini ya atau ke http://kebudayaan.kemdikbud.go.id


Semoga tulisan ini dapat menginspirasi pembaca agar tidak melupakan budaya yang ada di sekitar kita. Terimakasih sudah berkinjung ke blog Mak Kece ya.


Salam

July 29, 2019

Prive Uricran Plus Mengobati Anyang-Anyangan Karena Infeksi Saluran Kemih



Prive Uricran dalam bentuk serbuk yang menyegarkan [doc:atinnuratikah]

“Minuman segar, manis dan enak ini ternyata bisa memelihara saluran kemih kita lho Ladies. Bagaimana tidak, karena ekstrak Cranberry yang mengandung Proantocyanidin dapat mencegah Bakteri E-Coli menempel di dinding saluran kemih”.

Hallo Ladies? Berjumpa kembali dengan Emak kece ini wkwkwk yang mau bagi-bagi info seputar anyang-anyangan. Anyang-anyangan? Iya anyang-anyangan, dalam bahasa Sunda disebut juga eurih-euriheun. Wow, semua orang pasti sudah tahu dengan istilah ini, termasuk Ladies. Karena keluhan ini sebagian besar dialami oleh kaum wanita, ada juga kaum pria dan anak-anak yang mengalaminya.

Sebagai seseorang yang mobilitasnya tinggi jika terkena anyang-anyangan rasanya gimana tuh Ladies? Ciri-ciri terkena anyang-anyangan:
1.       Ingin Buang Air Kecil terus menerus.
2.      Buang Air Kecil terasa sakit/nyeri.
3.      Buang Air Kecil tidak lancar.


Menggangu aktifitas sekali ya. Dikit-dikit ke toilet, dikit-dikit ke toilet. Aduh pegel, serasa cintaaaa ... mati sama yang namanya toilet. Di manapun, kapanpun, mau sedang di mal, di masjid, di hotel, di stasiun, di terminal, sampai-sampai di toilet umumpun dijabanin karena gak tahan kepengen pipis. Tapi kebiasaan ini tidak bagus juga Ladies karena toilet umum seperti ini bisa menjadi penyebab utama terjangkit ayang-ayangan. 



Narasumber dr. Triono Adi Suroso, Sp.OG sedang memberi penjelasan tentang ISK.

Beberapa waktu lalu Emak menghadiri acara Prive Uricran Women's Community dengan narasumber dr. Triono Adi Suroso, Sp.OG. Beliau menjelaskan a
pa saja penyebab ISK:

1.       Bisa karena tempat yang tidak bersih (toilet).
2.      Air yang juga tidak higienis.
3.  Saat mengelap setelah membasuh tidak kering karena terburu-buru (penyebab jamur berkembang).
4.      Menahan pipis yang terlampau lama.
5.     Mitosnya ada juga yang mengatakan kalau minum teh, air yang digunakan setengah panas dan setengah adem.

Poin 1 dan 2 ini bisa terjadi karena selanjutnya akan terjadi Infeksi Saluran Kemih (ISK) adalah infeksi yang terjadi pada saluran kemih, infeksi ini terjadi karena mikroba. Sebagian besar dari kasus ISK disebabkan oleh bakteri, walaupun dapat juga disebabkan oleh jamur, dan pada kasus tertentu disebabkan oleh virus. ISK merupakan salah satu infeksi yang paling umum terjadi pada manusia karena Bakteri E-Coli menempel di dinding saluran kemih. 5 dari 10 wanita pernah mengalami ISK, 2 diantaranya mengalami ISK berulang. Di Indonesia gejala ini dikenal sebagai “Anyang-anyangan

Bakteri E-Coli menempel pada dinding saluran kemih. 


Adapun
Gejala-gejala ISK dapat dikenali, sbb:

v  ISK bagian Atas: Demam tinggi, menggigil, hilangnya nafsu makan, mual, muntah, nyeri pada pinggang (lokasi letaknya ginjal).
v  ISK bagian Bawah: Nyeri saat BAK (dysuria), rasa panas di urethra saat BAK, BAK lebih sering sampai di malam hari (nocturia), jumlah urin sedikit, tidak dapat menahan rasa BAK, BAK tidak tuntas (anyang-anyangan), nyeri pada perut bagian bawah (suprapubik), demam ringan, tidak enak badan (malaise).
v  ISK pada Kehamilan:
q  Asymptomatic bacteriuria, ISK tanpa gejala, disebabkan oleh bakteri komensal, bila tidak diobati dapat menjadi pyelonephritis.
q  Urethritis akut/ cystitis, Gejala: nyeri, rasa panas, sering BAK.
q  Pyelonefritis, Gejala: panas, demam, menggigil, malaise, nyeri pinggang (nyeri ketok CVA).

Komplikasi ISK pada Kehamilan: Kelahiran premature, bayi dengan berat badan lahir rendah (BBLR), Preeklampsia, Hipertensi, Gagal ginjal, kematian janin.

ISK dapat dicegah dengan melakukan modifikasi perilaku, caranya:
  • Strategi penggunaan antibiotik
  • Minum air putih kurang lebih 1.5 – 3 liter perhari
  • Menjaga higienitas
  • Hindari menahan BAK
  • Bersihkan area kewanitaan dengan benar, dari depan ke belakang, jangan terbalik, lalu lap agar tidak lembab.
  • Pemeriksaan urin rutin, khususnya pada kehamilan
  • disarankan sejak awal kehamilan dan secara berkala, bila ada keluhan atau terjadi ISK segera diobati.
  • Gunakan pakaian dalam berbahan yang menyerap keringat, tidak lembab bertujuan untuk mencegah pertumbuhan bakteri/jamur.

Aduh kok jadi ngeri yah Ladies. Makanya dari sekarang menjaga kesehatan Saluran Kemih kita agar tidak terjadi ISK berlanjut. Caranya dengan menerapkan pola hidup sehat. Salah satunya dengan mengonsumsi buah Cranberry. Buah ini efektif memelihara dinding saluran kemih dari bakteri E-Coli yang merugikan karena dalam buah Cranberry mengandung Proantocyanidin (PAC) mencegah terjadinya ISK secara berulang.

Yang Emak pegang itu box Prive Uricran dalam bentuk kapsul. [doc:atinnuratikah]



”Emak cari ke pasar gak ketemu buahnya Ladies. Cari ke supermarket juga kata yang jual lagi gak musim. Waduh kalau begini bagaimana bisa mengkonsumsi buah Cranberry buat ngilangin anyang-anyangan Emak. Beruntung bertemu embak-embak cantik lalu dikenalin sama Prive Uri-Cran”.

Ekstrak Cranberry yang praktis dikonsumsi oleh Emak yang kerjaannya banyak. Karena Prive Uricran ini tersedia dua pilihan minum:



  1.       Dalam bentuk Kapsul

Mengandung 250 mg Cranberry ekstrak yang dapat dikonsumsi dengan dosis 1-2 kapsul perhari. 1 box berisi 30 kapsul.
2.      Dalam bentuk Serbuk

Mengandung 375 mg Cranberry ekstrak, 60 mg vitamin C, 0,1 mg Bifidobacterium bifidum dan 0,1 mg Lactobacillus acidophilus. Dapat dikonsumsi dengan dosis 1-2 sachet per hari.
Isi per Box 15 sachets.



Minum Setiap Hari Prive Uricran ampuh cegah anyang-anyangan karena tidak perlu lagi mengkonsumsi antibotik karena cara kerja antibiotik adalah dengan mematikan seluruh bakteri yang ada di dalam tubuh, bakteri baik dan jahat. Padahal tubuh kita masih butuh bakteri baik. Apabila tidak diminum dengan teratur, antibiotik dapat menyebabkan resistensi pada tubuh (kebal). Penggunaan antibiotik pada ibu hamil tidak dianjurkan. Antibiotik tidak mencegah Anyang-anyangan berulang. Probiotik (bakteri baik) yang terdapat dalam Prive Uricran Plus baik bagi tubuh.


Yang Emak pegang itu box Prive Uricran dalam bentuk serbuk. [doc:atinnuratikah]

“Kata si embak-embaknya yang dalam bentuk serbuk ini karena mengandung Vitamin C, baik juga untuk menghilangkan sariawan penyebab bau mulut. Wah asik nih kalau lagi sariawan gak perlu oles-oles pakai antibiotik yang rasanya perih banget itu. Sekali minum dapat banyak khasiatnya”.

Cara penyajiannya mudah sekali lho Ladies, 1 bungkus Prive Uricran dalam bentuk serbuk, tinggal dicampurkan ke dalam air bening biasa yang adem dalam suhu ruangan (tidak panas atau hangat) lalu diaduk hingga merata. Setelahnya jika ingin menambahkan dengan es batu juga bisa. Minum hingga habis. Rasakan manfaatnya. Selain rasanya yang menyegarkan, saluran kemihpun terjaga. Yang pasti Prive Uricran ini sangat aman dikonsumsi oleh anak-anak, dan ibu hamil.

Untuk lebih detail cara penyajiannya bisa sontek lewat chanel Youtube Emak ya Ladies. Dijamin, seduh Prive Uricran Plusnya gak bakalan salah. abis itu videonya di LIKE dan di SUBCRIBE ya Ladies. happy watching.




Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai produk Prive Uricran Plus ini bisa kunjungi situsnya di www.uricran.co.id. cek Instagramnya @uricran.id .

Nah itu dia ladies info yang Emak kasih tentang produk dari Combiphar yaitu Prive Uricran Plus.  Ladies bisa dapatkan Prive Uricarn Plus ini Apotik-apotik terdekat.

Semoga bermanfaat ya Ladies. Terimakasih sudah berkunjung ke blognya Emak dan nantikan cerita-cerita Emak selanjutnya di informasi yang berbeda.

#uricran
#uricranwomenscommunity
#combiphar
#Jakarta2
#blogatinnuratikah

Salam 

July 25, 2019

Aplikasi Andalan


Berbicara tentang aplikasi semua orang pasti langsung tertuju kepada smartphone yang digenggam. Bayangkan, sehari saja hidup tanpa smartphone pasti sudah mirip orang linglung yah. Inilah mengapa zaman milenial semua orang bergantung dengan ponsel genggam mereka. Punya ponsel tapi kalau tidak ada pulsa dan kuota internet. Wah ini lagi ... benda mati ini seperti kehilangan kehebatannya.

Di ponsel ladies pasti banyak aplikasi yang terinstal di dalamnya. Baik yang penting hingga yang paling penting karena aplikasi yang terinstal di telepon genggam pasti aplikasi yang sangat dibutuhkan oleh penggunanya. Jadi, pasti dibuka setiap hari. Setiap jam, setiap menit, bahkan setiap detik.

Nah aplikasi apa saja yang dibuka di telepon genggam ladies selama bulan ramadan ini? Begitupun dengan saya, selama bulan ramadan ini, saya rajin sekali membuka aplikasi ini. Karena aplikasi ini sangat membantu saya untuk beribadah lebih kusyuk karena dari semua kemudahan yang saya butuhkan dalam hal beribadah. Dari mengingatkan sholat hingga mengaji, saya bisa dapatkan di aplikasi ini. Yup aplikasi Alquran.

Ada banyak fitur yang menambah pengetahuan saya di aplikasi ini.

1.      Jadwal solat

Aplikasi ini memiliki fitur lokasi pengguna. Dengan mengaktifkan lokasi keberadaan kita, aplikasi ini mampu menyesuaikan jadwal solat. Suara adzan. Kita bisa mengaktifkan waktu tertentu, misal: waktu dzuhur, maka adzan dzuhur akan berkumandang di ponsel pintar kita.

Tidak hanya solat wajib tetapi, kita juga bisa melihat jadwal solat sunnah yang lainnya. Seperti: solat fajar, solat dhuha, dll. Aplikasi ini membuat saya sangat terbantu untuk lebih tepat lagi mengatur jadwal solat yang terkadang waktunya terlewatkan. Terlebih solat sunnah ya ... saya sendiri suka bingung sama solat dhuha baiknya dilaksanakan jam tujuh atau jam delapan pagi. Dengan aplikasi ini saya jadi bisa lebih tepat lagi mengatur waktu. Alhamdulilah.  

2.     Kalender ramadan
Sebelum ramadan tiba ladies pasti sudah mendapat kalender ramadan berupa selebaran yang dibagi-bagikan dari kantor, sekolah, perusahaan, atau produk makanan tertentu. Pasti sudah ditempel di kamar ladies kan? Yup, saya juga dapat. Namun kalender yang ditempel itu terkadang jarang dilirik karena sibuknya aktifitas kita yang kesana kemari. Tapi untuk melirik handpone pasti tidak pernah terlewatkan bukan?

Dalam aplikasi ini ladies pun mendapatkan kalender ramadan sesuai denah lokasi tempat tinggal ladies. Kemana pun ladies pergi, kalender ini akan menyesuaikan keberadaan ladies. Jadi praktis. Karena aplikasi ini juga memiliki setting pengingat waktu-waktu tertentu jika kita mengkliknya di tempat waktu yang ingin diingatkan.

3.     Mengaji
Dikit-dikit hape lagi yang dipegang, dikit-dikit hape lagi yang dipegang. Kapan pegang alqurannya? Alhamdulilah kemajuan teknologi bersahabat dengan orang-orang yang ingin selalu membaca alquran. Di aplikasi ini tersedia bacaan alquran sebanyak 30 juz. Jadi kita bisa mengaji di manapun dan kapanpun. Di kereta, di bus, dll. Jadi setiap kita selesai solat kita bisa langsung pegang hape membuka aplikasi alquran dan mengaji.

Jangan khawatir bila ladies kelupaan bacaan terakhirnya sudah sampai juz berapa, karena di aplikasi ini ada penanda waktu atau riwayat bacaan terakhir. Jadi kita bisa membuka riwayat bacaan terakhir dan melanjukan bacaan alquran kita.

Gimana ladies? Tertarik untuk mengunduhnya? Alhamdulilah ini sudah tahun ketiga aplikasi ini saya manfaatkan. Jadi, beraktiftas di dunia dapat, menabung kebaikan untuk di akhirat juga dapat. Dan kita bisa senantiasa beribadah sepanjang waktu tanpa harus beralasan repot tak memiliki waktu. Benar kan ladies?

Allah SWT sudah memberikan waktu selama 24 jam. Waktu setiap orang sama dengan waktu orang lain. Jadi tak ada yang dibeda-bedakan. Yang beda hanyalah kemauan, niat yang tinggi, tidak banyak alasan dan pastinya memanfaatkan waktu dengan sebaik-baiknya.

Terimakasih ladies sudah mampir ke blog saya. Semoga bermanfaat dan dapat mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari. Sampai jumpa dicerita-cerita saya selanjutnya.

Salam


Minuman Vita Milky Dari Shinjumi Yang Membuat Kulit makin Sehat Dan Halus

Satu box berisi 15 sachet vita milky Hallo Ladies masih dalam suasana bulan ramadan nih, masih puasa Ladies? Dengan berpuasa kita sekaligus ...