June 25, 2016

BERWISATA KE KEBUN BINATANG

 

 

Bagi warga Jakarta berwisata ke kebun binatang Ragunan sudah biasa. Satu karena tempatnya stategis dari tempat tinggal. Dua karena salah satu tempat wisata yang murah meriah tiketnya bagi keluarga. Ada yang istimewa dari tempat wisata ini, yaitu tiap tahun semakin bagus . Sepertinya pemerintah dinas kepariwisataan Jakarta terus berbenah demi kenyamanan kebun binatang. 

 

 

Banyak pintu yang bisa dilewati untuk bisa berkunjung ke KBR (Kebun Binatang Ragunan). pintu utara untuk pengunjung dari Bintaro - Tangerang Selatan , pintu timur untuk pengunjung dari Pasar Minggu - Jakarta, pintu selatan untuk pengunjung dari Tanah Abang - Bekasi, dan pintu barat untuk pengunjung dari Pondok labu – Lebak Bulus. Kebetulan saya adalah penunjung yang masuk dari pintu barat. Dari pondok labu bisa naik angkot 61 jurusan Cinere – pondok labu lalu turun di depan gerbang pintu barat KBR dengan tarif Rp. 3.000/orang, anak-anak gratis karena saya berangkat dengan anak usia 4 tahun.

 

 

Sudah lama sekali saya tidak ke KRB ini. Terakhir waktu saya masih kuliah tahun 2008. Pas kini saya berkunjung kembali di 2016 banyak ya yang berubah. Tiketnya itu lho yang berubah. 

 

 

Dulu masih pakai kertas yang di sobek, sekarang udah canggih. Pakai kartu, namanya JAKCARD gambar satwa yang dilindungi. Menurut info kartu ini bisa juga digunakan untuk pembayarang tiket TRANSJAKARTA alias Busway, orang umumnya lebih mudah mengatakan busway ketimbang Transjakarta.

 

 

Penjelasannya. Pernah main ke time zone? Pakai kartu kan mainnya? yang di gesek karena kartu itu memiliki nominal didalamnya. Ibarat pulsa. Tiap gesekan yang di pakai buat main maka akan berkurang juga nilai nominalnya. Keseringan di gesek lama kelamaan bisa habis. Kalo sudah habis tinggal isi ulang aja. Begitupun dengan Jakcard.

 

Di balik munculnya Jakcard ada nilai positif yang bisa diambil hikmahnya yakni pemakaian kertas dapat berkurang dengan demikian penebangan pohon untuk pembuatan kertas tidak tersia-siakan begitu saja. Sebelumnya memang miris jika melihat tiket berbentuk kertas mendarat di tangan hanya beberapa menit bahkan detik kemudian masuk ke tong sampah. Mending kalo ke tong sampah, kalo berserakan di jalan kan mengurangi keindahan lingkungan.

 

 

Mau tau berapa harga tiket masuk yang saya bayar? Karena sebelumnya saya tidak memiliki Jakcard maka saya harus beli dulu Rp. 30.000,-/kartu. Di kartu ini tidak ada nama pemilik jadi satu kartu bisa digunakan untuk seluruh anggota keluarga. Untuk orang dewasa Rp.4.000/kepala dan untuk anak-anak Rp.3.000/kepala.

Pintu barat KRB binatang pertama yang saya lihat adalah Jerapah, rusa dan gajah. 

 

 

 

Untuk si kecil sekalian belajar nama-nama binatang dan bentuknya secara langsung. Karna biasanya hanya melihat dari buku, gambar atau televisi. Saat mereka melihat aslinya, wah... ada semangat yang ingin melihat lebih dekat, ingin pegang sebenarnya mengingat savety harus dipatuhi. Antusias yang menggebu ingin tahu binatang-binatang yang lainnya. Edukasi juga ya Bunda mengenal lebih dekat binatang-binatang dan habitatnya.

 

 

Di KRB ini sudah banyak permainan untuk anak-anak yang bisa dimanfaatkan termasuk kereta keliling ini. Tarifnya hanya Rp.7.500/kepala lumayan sebelum berkeliling dengan kaki kita bisa keliling dulu dengan kereta ini agar tahu letak-letak binatang dan tujuan selanjutnya mau kemana karena kalo puter-puter gak hapal jalan main keliling-keling aja bisa pegel kaki lama berjalan.

 

 

Namanya kebun binatang yang luasnya berhektar-hektar, mau keliling melihat semua binatang rasanya gak mungkin yah dalam sehari. Pegel. Makanya sebelum berwisata kita prepare dulu sama yang kita pakai. Enaknya itu pakai sendal jepit.

 

 

Mau istirahat? Banyak tempat istirahat yang ditawarkan di tempat ini. Ada kedai makanan bisa langsung makan siang dengan bakso plus es kelapa muda yang menggugah selera. Ada masjid bisa istirahat sekaligus beribadah, atau mau istirahat di atas tiker dekat pohon rindang yang adem dan sejuk bisa guling-guling dengan beratapkan langit sambil makan-makanan bekal yang di bawa dari rumah. Semua bisa menjadi rekomendasi tergantung isi kantong. hehe.   

 

 

 

Mendapat kesempatan liburan panjang memang tepat jika memanfaatkannya dengan membawa si kecil ke alam terbuka seperti ini. Liburan ke Mall itu bisa kapan saja. Tidak libur pun biasa ke mall, kalau pada saat liburan ke mall lagi bagi saya selaku orang tua kayaknya rugi yah.

 

 

Karena saya bisa sekalian memberikan pemahaman kepada anak bahwa alam bisa menjadi sahabat dan juga bisa menjadi bencana bagi manusia. 

 

 

Bersahabatlah kepada alam caranya:

-          Menanam kembali pohon agar alam tidak menjadi gundul yang membuat cuaca semakin panas

 

 

-           Cintailah lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarang agar tidak terjadi banjir akibat saluran air tertutup sampah, buang sampah pada tempatnya sesuai dengan jenis sampah yang dibuang agar sampah yang bisa digunakan kembali dapat di daur ulang dan dapat dimanfaatkan kembali sehingga mengurangi sampah yang sulit terurai dengan tanah. 

 

 

Dan ada banyak pembelajaran-pembelajaran yang lainnya yang bisa kita informasikan kepada sikecil termasuk mencintai binatang dengan tidak membunuhnya karena binatang-binatang yang berada di sini termasuk ciptaan tuhan yang juga perlu di jaga.

4 comments:

  1. Kebun Binatang Ragunan ini tempat mainku sejak kelas 3 SD dulu dan sekarang usiaku sudah menjelang 36 tahun. Anak-anak juga suka kuajak kesana meskipun lumayan jauh ya dari Bogor. Tempatnya memang enak. Kami biasa memilih di bawah tuh, dekat buaya dan kuda nil. Karena apa? Lebih adeeem hahaha ...

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya mba, yang zona itu tempatnya adem, banyak pohon bambunya

      Delete
  2. Kebun Binatang memang tempat yang asyik untuk rekreasi bersama keluarga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Betul sekaligus mengenalkan nama dan bentuk binatang secara lebih real kepada anak.

      Delete

Terimakasih sudah berkunjung ke blog aku.
Salam

Scarlett Whitening Body Lotion Jolly, Wanginnya Bunga Banget

  Scarlett Whitening Body Lotion Jolly Hallo Ladies piye kabare selalu menunggu review cantik dari Mak Kece? Hehe... mak Kece datang lagi me...